21 March 2018

Perluasan PKH di Tahun 2019

PropellerAds
PropellerAds
Dikutip dari berita Republika.co.id Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat memberikan sebuah pengakuan bahwa Kementerian sosial (Kemensos) siap menjadi kementerian teknis yang menyalurkan perluasan bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) tahun 2019 mendatang. Akan tetapi masih diperlukan kajian yang lebih cermat, termasuk segi kemampuan  fiskal Indonesia sendiri.


Dijumpai usai konferensi pers pencapaian PKH tahap 1 2018, di Jakarta Pusat, Senin (12/3) kemarin, Harry juga mengatakan bahwa kajian yang juga diperlukan adalah sejauh mana perluasan kepesertaan PKH itu berkorelasi dengan penurunan angka kemiskinan. Dan kajian semacam itu ada di Bappenas.
Hal lainnya seperti sejauh mana efektifitas perluasan kepesertaan PKH itu dari aspek perluasan itu sendiri juga tidak boleh terlupakan. Harrypun  melihat, bahwa pernyataan Presiden tersebut sebagai bentuk keseriusan dari pemerintah untuk mencapai target pengurangan angka kemiskinan.

Disebutkan dalam rencana kerja pemerintah (RKP) tahhun 2019 bahwasannya  pengurangan kemiskinan dan pembangunan manusia sebagai prioritas utama dalam pembangunan nasional. “Jadi ini cerminan keinginan kuat pemeritah yang perlu didukung kemampuan fiskal yang sepadan,” ujar Harry. Harry Hikmat memastikan, Kementerian Sosial siap apabila memang pemerintah meningkatkan perluasan PKH menjadi 15 juta KPM pada tahun 2019 mendatang .

Beliau menerangkan bahwa dulu banyak pihak – pihak yang meragukan Kemensos pada saat ada perluasan PKH dari Rp 6 juta menjadi Rp 10 juta, akan tetapi dugaan mereka salah. Terbukti Kemensos mampu menangani dengan baik. “Jadi kalau diputuskan menjadi Rp 15 juta, Insya Allah kami siap,” kata Harry.

Selain dengan memperhatikan hasil kajian yang sedang berjalan, perlu dilakukan pula sejumlah persiapan sebelum PKH diperluas menjadi 15 juta KPM. Misal saja, persiapan lokasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH)  yang akan diperluas, butuh waktu berapa lama juga untuk rekrutmen sumber daya manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) .
“Perlu waktu bimbingan teknis SDM PKH baru, pembuatan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), pembukaan rekening, dan lainnya “. Ujar Harry “Tahapan persiapan ini kan harus dilalui. Paling tidak semua ini membutuhkan waktu lima bulan sebelumnya,” tambahnya.
PropellerAds


EmoticonEmoticon