28 October 2017

Kriteria Penerima Bantuan PKH

Tidak semua calon Penerima bantuan PKH yaitu Keluarga Penerima Manfaat PKH yang sering disebut dengan KPM, selalu lolos validasi. Meskipun mereka tergolong keluarga sangat miskin. Untuk bisa menjadi peserta PKH, maka KPM calon Penerima Bantuan PKH harus memenuhi Kriteria yang telah ditetapkan oleh Kementrian Sosial.

Kriteria Penerima Bantuan PKH

Kriteria penerima Program Keluarga Harapan Tahun 2017 mengalami penambahan kriteria yaitu Komponen Lansia (lanjut usia) dan Disabilitas berat. Kriteria Penerima PKH adalah keluarga miskin yang memenuhi minimal salah satu syarat. Berikut beberapa kriteria untuk bisa menjadi Peserta PKH dan Menerima Bantuan PKH:

Kriteria Penerima Bantuan PKH Program Keluarga Harapan

 
A. Kriteria komponen kesehatan meliputi:
1) ibu hamil/menyusui.
2) anak berusia 0 (nol) sampai dengan 5 (lima) tahun 11 (sebelas) bulan.
 
B. Kriteria komponen pendidikan meliputi:
1) anak SD/MI atau sederajat.
2) anak SMP/MTs atau sederajat.
3) anak SMA/MA atau sederajat.
4) anak usia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 (dua belas) tahun.
 
C. Kriteria komponen kesejahteraan sosial meliputi:
1) lanjut usia diutamakan mulai dari 70 (tujuh puluh tahun).
2) penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat.

Ketiga Kriteria Penerima Bantuan PKH tersebut hanya harus terpenuhi salah satu atau lebih. Namun bukan berarti setiap keluarga yang dianggap sangat miskin yang memiliki salah satu atau lebih kriteria tersebut berhak mendapat Bantuan PKH. Jika sebelumnya mereka tidak masuk dalam daftar Calon Penerima PKH, maka mereka tidak akan divalidasi.

Perbedaan kriteria komponen akan berpengaruh pada bersar bantuan PKH yang diterima. Keluarga Penerima Manfaat PKH dengan kriteria komponene A dan/atau B saja, untuk 2017 ini besar bantuannya adalah Rp.1.890.000 per tahun. Sedangkan untuk KPM PKH yang memiliki Kriteria komponen C, besar bantuan mencapai Rp.2.000.000 per tahun. Seperti itulah 3 Kriteria Penerima Bantuan PKH.


EmoticonEmoticon