Propellerads

Penerimaan Mahasiswa Baru STIS 2017

Penerimaan Mahasiswa Baru STIS 2017
Propellerads
Penerimaan Mahasiswa Baru STIS 2017
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademik Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS kembali memanggil pemuda/pemudi Indonesia yang memiliki minat dan motivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistika dan komputasi.

STIS menyelenggarakan program Diploma Empat (D4) dan Diploma Tiga (D3)  yang diterapkan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS). Program D4 ditempuh selama 4 tahun dan program D3 ditempuh dalam waktu 3 tahun. Untuk program D4 terdapat 2 program studi, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik, di mana program studi Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan program D3 STIS akan mendapatkan gelar Ahli Madya Statistik sedangkan lulusan program D4 akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Statistik.
Terdapat 2 (dua) jenis status kemahasiswaan di STIS, yaitu Mahasiswa Ikatan Dinas (ID) dan Mahasiswa Tugas Belajar (TB).
  • Mahasiswa Ikatan Dinas (ID)  merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA (untuk program D4) dan lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS (untuk program D3)yang memenuhi syarat-syarat tertentu dan direkrut melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) STIS yang diadakan setiap tahun. Mahasiswa ID memiliki hak dan kewajiban yang dituangkan dalam bentuk Surat Perjanjian Ikatan Dinas dengan Negara yang dalam hal ini diwakili oleh STIS/BPS. Dalam Surat Perjanjian Ikatan Dinas antara lain disebutkan bahwa selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan dan mahasiswa mendapat tunjangan ikatan dinas (uang saku) sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta setelah lulus dari STIS mahasiswa Ikatan Dinas akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota dan tidak diperbolehkan keluar dari BPS selama 2 (dua) kali masa pendidikan secara berturut-turut.
  • Mahasiswa Tugas Belajar (TB) merupakan pegawai BPS, Kementerian, BUMN/BUMD, TNI/POLRI, dan Badan-Badan Pemerintah lainnya atau swasta serta mahasiswa asing yang ditugaskan oleh instansi atau negaranya untuk menimba ilmu statistika/komputasi statistik di STIS dan memenuhi syarat-syarat tertentu. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.
Selain dari informasi di atas, lihat secara berkala halaman Pengumuman Penting Lainnya untuk pengumuman tambahan yang tidak atau belum tercantum pada informasi di atas.
Untuk memulai pendaftaran, kunjungi Aplikasi SPMB STIS.

Silakan unduh brosur penerimaan mahasiswa baru di sini
Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru STIS 2017
Tanggal

Kegiatan Lokasi
9 s.d. 31 Maret 2017 Pendaftaran on-line di Website Panselnas Kemenpan (khusus calon mahasiswa Ikatan Dinas) www.panselnas.id
9 s.d. 31 Maret 2017 Pendaftaran on-line di website STIS  www.stis.ac.id/spmb
6 Mei 2017
Ujian Tahap I: Tes Potensi Akademik Lokasi di 33 provinsi. Alamat lengkap lokasi akan diumumkan pada bulan April di website STIS.
20 Mei 2017 Pengumuman hasil ujian tahap I Website STIS, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
20 s.d. 24 Mei 2017 Pendaftaran ulang on-line untuk mengikuti ujian tahap II www.stis.ac.id/spmb
6 Juni 2017 Ujian tahap II: Tes Kemampuan Dasar (TKD) Lokasi di 33 provinsi. Alamat lengkap lokasi akan diumumkan pada akhir Mei di website STIS.
6 Juni 2017 Pengumuman hasil ujian tahap II Website STIS, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
6 s.d. 9 Juni 2017 Pendaftaran ulang on-line untuk mengikuti ujian tahap III www.stis.ac.id/spmb
15 Juli 2017 Ujian tahap III: Tes Psikotes Lokasi akan diumumkan pada akhir Juni di website STIS.
29 Juli 2017 Pengumuman hasil ujian tahap III Website STIS, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
29 Juli s.d. 1 Agustus 2017 Pendaftaran ulang on-line untuk mengikuti ujian tahap IV www.stis.ac.id/spmb
3 s.d. 5 Agustus 2017 Ujian tahap IV: Tes Kesehatan Lokasi akan diumumkan pada akhir Juli di website STIS.
26 Agustus 2017 Pengumuman hasil ujian tahap IV Website STIS, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
28 s.d 30 Agustus 2017 Pemberkasan Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
4 s.d. 6 September 2017 Daftar ulang Kampus STIS

 

Catatan

  1. Calon mahasiswa Tugas Belajar tidak perlu mendaftar ke website panselnas kemenpan melainkan langsung mendaftar ke website STIS.
  2. Calon mahasiswa Tugas Belajar hanya mengikuti ujian tahap I (Tes Potensi Akademik) dan tahap IV (Tes Kesehatan). Calon mahasiswa Tugas Belajar yang lulus Tes Potensi Akademik diwajibkan melakukan pendaftaran ulang untuk mengikuti Tes Kesehatan sesuai jadwal yang tertera di atas.
Prosedur Pembayaran
Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BRI dan Bank Mandiri. Pastikan anda hanya membayar di salah satu bank saja. Pembayaran melalui BRI dapat dilakukan langsung setelah pendaftaran online. Sedangkan pembayaran melalui Mandiri baru dapat dilakukan keesokan harinya (H+1) jika melakukan pendaftaran online sebelum jam 15.00 WIB, dan lusa (H+2) jika melakukan pendaftaran online setelah jam 15.00 WIB.
Prosedur Pembayaran dengan Bank BRI:
  • Melalui teller: cukup menyampaikan akan membayar biaya pendaftaran STIS dengan menunjukkan Kode Pembayaran yang didapat setelah mengisi formulir pendaftaran. Pembayaran tidak menggunakan Nomor Rekening.
  • Melalui ATM BRI: pilih Transaksi Lainnya, kemudian pilih Pembayaran, lalu pilih Pendidikan, selanjutnya masukkan Kode Institusi 014 diikuti 9 angka Kode Pembayaran. Pembayaran melalui ATM BRI hanya bisa dilakukan menggunakan Kartu ATM BRI.
Prosedur Pembayaran dengan Bank Mandiri:
  • Melalui teller: cukup menyampaikan akan membayar biaya pendaftaran STIS dengan menunjukkan Kode Pembayaran yang didapat setelah mengisi formulir pendaftaran. Kode biller STIS adalah 10087. Pembayaran tidak menggunakan Nomor Rekening.
  • Melalui ATM Mandiri: pilih Pembayaran, lalu pilih Pendidikan, selanjutnya masukkan Kode Institusi 10087, lalu masukkan 9 angka Kode Pembayaran. Pembayaran melalui ATM Mandiri hanya bisa dilakukan menggunakan Kartu ATM Mandiri.
  • Melalui Internet Banking Mandiri: pilih Menu Bayar – Pendidikan, lalu pilih Penyedia Jasa: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik dan masukkan Kode Pembayaran anda.
  • Pastikan anda menyimpan bukti pembayaran yang tercetak Token untuk aktivasi pendaftaran
Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads