Propellerads

Berapa Peserkah Siswa Kelas XII SMA/MA sekolah bapak ibuk yang milih pata pelajaran fisika dengan Sistem UN SMA ada mata pelajaran pilihan.

Berapa Peserkah Siswa Kelas XII SMA/MA sekolah bapak ibuk yang milih pata pelajaran fisika dengan Sistem UN SMA ada mata pelajaran pilihan.
Propellerads
Ujian Nasioanl Tahun 2017 Untuk tingkat SMA Sederajat berbeda dengan sistem ujian nasional ditahun sebelumnya.Ujian Nasioanl tahun 2017 ini memiliki sistem mata pelajaran UN pilihan. Sehingga Misalkan Juruasan IPA Siswa bisa memilih salah satu mata pelajarn IPA untuk di ujian nasioanalkan yaitu (Fisika, Kimia, atau Biologi). Dengan adanya sistem ujian nasional demikian siswa bebas memilih mata pelajaran yang dia sukai, di anggap paling udah untuk di ujiankan.

Bercerita dengan siswa tentang pelajaran yang tidak dia sukai disekolah adalah pelajaran fisika. Sehingga lahir sebuah pertanyaan menjalang Ujian Nasional 2017 ini "berapa persenkah siswa kekas XII di sekolah bapak/ibu yang memilih fisika sebagai matapelajaran UN Pilihan ?".

Berdasarkan hasil cerita dengan siswa, mereka menuturkan bahwa siswa sebagai mata pelajaran yang paling sulit, menjawab pertanyaan tersebut, bisa jadi sekolah tersebut tidak ada siswa seorangpun memilih mata pelajaran fisika sebagai matapelajaran UN Piliha. Atau bisa jadi siswa yang memilih fisika kurang dari 5%, Kurang dari 10% , lebih kurang 33% atau ada yang sampai 90%-100%.

Mungkin bisa terjadi disekolah hanya 1 atau 2 orang yang mau milih fisika, kemudian sekolah membuat kebijakan untuk diseragamkan saja semuanya untuk kemudahan.  Tentu ini bukan harapan kita semua.

Kalau demikian, siswa akan beralih ke mata pelajaran apa, mungkinkah kimia, mungkih kah biologi yang banyak. Belum bisa dijawab pasti. Tapi besar kemungkinan mata pelajaran biologi akan sebagai pelarian siswa yang akan di UN kan karena biologi lebih banyak yang sifatnya hafalan. Dan memang dalam diskusi itu siswa memilih mata pelajaran biologi karena memang memang lebih banyak hafala.

Jadi apa yang membuat siswa tidak suka dengan pelajaran fisika ?, kemudian siswa menganggap fisika itu pelajaran yang sulit, banyak hitungan penuh dengan rumus dan lain sebagainya. Benarkah demikian ?. Fisika memang banyak dengan hitungan, banyak dengan rumus, tapi benarkah dengan karena banyaknya rumus ? apa ada masalah yang lain ?. Tanya sama guru fisika !

Sudahkah bapak ibu mengajar fisika dikelas dengan menyenangkan, sudahkah bapak ibuk mengajarkan fisika dengan metode yang tepat yang sesuai dengan pokok bahasan, memanfaatkan media pendukung.? Kalau sudah dilakukan hal itu, masihkah siswa kesusahan belajar fisika. Jika masih dimakah letak kesusahan siswa dalam belajar fisika ?. 

Lihatlah kemampuan siswa dalam proses matematikanya. Sebelum sampai kesitu, lihat kembali siswa itu berasal dari SMP, siapa guru IPA mereka di SMP, berapa orang yang di ajarkan oleh guru yang memang jurusan fisika ketika SMP. Rasanya itu memang berdampak, karena ketika SMP mereka sudah mulai mumok dengan fisika. Kembali lagi dilihat kemampuan matematika siswa, apakah memang konsep fisis fisikanya siswa itu lemah, atau memang ketika menggunakan matematikanya. Setalah ujian nasional ini akan ada evaluasi terhadap pelakasanaannya. Apakah akan tetap demikian berlanjut seterusnya (kita tunggu).

Tapi bolehkan guru fisika SMA menyalahkan mereka ketika SMP tidak mendapatkan guru yang memang jurusan fisika ketika SMP. Ohhh Tidak boleh. Itu masa lewat kata guru di SMP asalnya. Salahkanlah diri sendiri. Jika Guru hebat siswa akan bisa, siswa akan seang, siswa akan mudah mengerti dan akan menyukai dan mau mempelajari jika di sentuhi oleh guru fisika yang hebat. Siswa Akan Hebat Jika Ketemu Guru Hebat.

Sudah dilihat bahwa sejak guru ini kuliah dialah calon guru hebat. Dari segi akademisi Ok, dari segi sosial, dari segi kepribadian. Yaa banyak guru mengakui guru fisika ini hebat, siswapun mengakui hebat, tapi kok tidak ada siswa yang milih fiiska untuk UN. Kembali ke cerita asal usul anak, berari bisa jadi karena siswa memang dasarnya tidak ada, dan rasanya tidak mungkin juga untuk mendidik dalam siswa dalam 3 tahun paham betu fisika. 

Itulah dilema Ujian Nasional SMA tahun 2017 ini.
Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads