12 January 2017

Kepulauan Mentawai dengan Suasana Alam Yang Sejuk, Dan Penuh Kedamaian

Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan masyarakat yang terbuka dengan dunia luar. Ramah dan mudah bersosialisasi, contohnya dengan akrabnya para touris mancanegara dengan penduduk setempat. Bagi wisatawan mancanegara, mentawai tetap memiliki daya pikat yang luar biasa. Yaitu dengan pesona alam dan kedamaian hati yang jarang bisa ditemukan di daerah asalnya. 
Suasana di Deramaga, masyarakat di Mentawai siap2 naik ke kapal
Selain ramah, masyarakat di Kepulauan Mentawai juga majemuk, banyak kita temui masyarakat dari berbagai suku dan agama. Seperti suku Batak, Minang, Jawa dan lain sebagainya. Namun keheterogenan ini dapat terjaga kedamaiannya berkat rasa saling menghormati diantara masyarakat. Saling berbagi dan gotong royong, merupakan modal masyarakat memperkokoh nilai kesatuan masyarakat.
Salah satu resort di Mentawai
Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, kita dapat melihat masyarakat menggunakan bahasa Mentawai, Minang, Jawa dan Batak, tetapi dalam hal ini bukan sukuisme yang ditonjolkan, malah nilai bangga akan keanekaragaman. Selai itu dapat kita lihat dari segi pemerintahan, dimana panyak pegawai di pemerintahan dari berbagai suku, mulai dari Kepala Dinas, Camat dan Kepla Desa. Kemajemukan ini merupakan modal dasar dari pembangunan di Bumi Sikerei ini.
Sikerei (dukun) berfoto dengan warga
Tidak heran jika para warga dari luar mentawai datang berkunjung ke Mentawai, dapat melihat rumah ibadah Gereja dan Mesjid berdekatan, dan masyarakat hidup rukun. Mentaawai merupakan icon dari Negara Indonesia yang pluralisme. Bahkan falsafah dari Kabupaten Kepulauan Mentawai ini adalah “ Musara Kasimaeru” yang berarti bersatu menuju kebaikan. 

Salah satu pantai di Pagai Selatan ,Mentawai
Selain kehidupan yang tenteram, alam sangat mendukung keharmonisan masyarakat. Pantai yang indah, hasil laut yang berlimpah dan Ombak buat bermain selancar bagi turis lokal maupun manca Negara. Hal ini patut kita syukuri sebagai pemberian Tuhan Yang Maha Esa. Dengan pesona alamnya Mentawai menjadi terkenal hingga mancanegara. 

Begitu juga pemerintah yang terus membangun sumber daya manusia, demi menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean, dan Bonus Demografi. Terbukti dengan banyaknya beasiswa bagi para Mahasiswa/I di perguruan tinggi. Hingga kelak, sumber daya alam Mentawai dapat dikelola secara berkesinambungan menuju pembangunan berkelanjutan.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate