03 December 2016

Sinergi Seni dan Abdi dalam Khasanah Budaya Bangsa : PPG SM-3T Angkatan IV UNP Menggelar Pensi

PropellerAds
PropellerAds
PPG SM-3T Angkatan IV UNP Menggelar Pensi
Univeresitas Negeri Padang merupakan salah satu LPTK Penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (PPG SM-3T). Sekarang adalah PPG SM-3T Angkatan ke-IV. Sangat banyak kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, Puncak dari kegiatan adalah menggelar Pentas Seni (PENSI) bertempat di Teater Tertutup FBSS UNP (Sabtu, 3 Desember 2016). 
Kegiatan ini secara resmi dibukak oleh Bapk Rektor yang diwakili oleh Bapk Drs. Willadi Rasyid, M.Pd.dalam sambutan bapak berpesan persiapkanlah diri untuk belajar menghadapi UTN, selain itu juga menyampaikan menentukan kelulusan bukan nilai UTN saja, tapi ada nilai pendidikan berasrama.

Selanjutnya dalam sambutan ketua program yang diwakili oleh bapak Dr. Erizal Gani, M.Pd mengatakan Pensi ini adalah tradisi PPG SM-3T UNP, Tradisi ini hari ini kita ramaikan, cara ini merupakan eksperesi diri, perasaan tentang seni, persaudaraan, persatuan. Berbaurlah mereka, bersinergilah mereka dalam ini mereka kemas dalam pentas seni dengan tema "Sinergi seni dan abdi dalam khasanah budaya bangsa".

Peserta PPG SM-3T UNP yang terdiri 164 Peserta berasal dari berbagai Universitas penyelanggara SM-3T selain dari UNP, ada dari Unsyiah, UNIMED, UNRI, UNTAN, dan UNMUL. Peserta PPG SM-3T ini sudah balik dari berbagai kabupaten Terdepan Terluar dan Tertingal seperti kabupaten, Pidie Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singgkil, Simeulue, Ende, Jayawijaya, Lani Jaya, Sanggau, Maluku Barat Daya, Anambas, dan Landak.

Rangkaian kegiatan yang ditampilkan dalam kegiatan pensi ini adalah Tari Pasambahan, Tari Saman, Tari Papua, Tari Rantak, Tari Payung, Tari Ende, Tari Piring, Randai, Tari Dayak, Tari Maluku Barat Daya, Solo Song, Vocal Group, Drama musical, PPG Idon dan Duta PPG.

(Riyofi) Camat PPG SM-3T UNP, mengatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi peserta, manfaat bisa menumbuhkan kecintaan budaya bangsa, mempererat hubungan persaudaraan peserta PPG SM-3T dan kecintaan terhadap tempat pengabdian SM-3T.

(Darwin) peserta, mengatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat, bagi peserta bisa menyalurkan bakan dan minat yang dimiliki. Guru professional bukan hanya professional mengajar saja tapi juga menggali bakat yang mereka punya.

(Serli) peserta, mengatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas peserta serta meningkatkan rasa cinta terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.

Salah satu Penampilan dari perwakilan kelas yang kami bagikan dalam kegiatan pensi adalah penampilan parodi dari program studi pendidikan fisika.



Tari Panggur Sago. Penampilan mahasiswa PPG SM-3T Angkatan IV UNP dalam pagelaran Pentas Seni. Tari Panggur Sago Tari oleh suku asmat (papua) menceritakan tentang makanan papeda yang bahan bakunya dari sagu. Tari ini juga gambaran rasa syukur.

PropellerAds


EmoticonEmoticon