14 December 2016

Musim Durian : Panen durian di Rumbai

Rumbai.  Kecamatan mapat tunggul dan sekitarnya desember 2016 adalah musim durian dan buah-buahan lainnya. Pertengahan desember ini musin durian hampir selesai, durian yang musim panennya hanya satu bulan. 

Tahun ini durian tidak terlalu banyak yang berbuah seperti tahun sebelum-sebelumnya. Tahun kemaren durian tidak banyak buahnya lantaran kabut asap yang menyelimuti akibat kebakaran hutan di riau, jambi dan wilayah lainya. Tahun ini Durian juga tidak banyak buahnya karena ketika buah durian masih kecil datang kemarau panjang 4 bulan yang membuat warga kekurangan sumber air bersih.

Tahun sebelum-belumnya, kalau musim durian, ketika saya pergi ke muara tais kekebun durian Kakek saya bisa mendapatkan 1000 buah durian dalam satu malam. Dikebun kakek batang durian sekitar 100 batang. Batang durian ada yang tua dan ada yang masih muda. Sebagian dari pohon durian itu ditanam oleh ayah ketika dia masih bujang.

Ketika saya masih kecil, sebelum tahun 2013 durian tidak berharga di kampung saya. Tapi jika dibandingkan dengan sekarang durian yang harga nya mulai mahal , ini disebabkan karena transportasi sudah lancar. Memang untuk memajukan perekonomian masyarakat transportasi harus lancar. Kalau tidak lancar mau dibawa kemana hasil bumi tersebut.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate