18 October 2016

Pendaftaran Indonesia Mengajar XIV akan dibuka dari tanggal 14 November - 16 Desember 2016

Indonesia Mengajar mengajak Anda yang memiliki semangat mengabdi dan cita-cita tinggi, untuk memberikan pendidikan yang baik bagi generasi penerus Republik, dengan menjadi teman para pejuang pendidikan di berbagai penjuru Indonesia. Kesempatan ini dibuka dengan kehadiran Anda selama setahun menjadi Pengajar Muda.



Daftarlah menjadi Pengajar Muda, jika Anda memiliki kepedulian sosial serta bisa mengedepankan jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman berorganisasi atau kegiatan lain. Semangat juang, kemampuan adaptasi yang tinggi, menyukai tantangan dan kemampuan problem solving serta mampu menghargai dan berempati terhadap orang lain adalah bekal penting yang perlu dimiliki oleh seorang Pengajar Muda.  

Syarat utama untuk menjadi Pengajar Muda adalah 
  1. Warga Negara Indonesia, 
  2. belum menikah 
  3. sehat secara fisik dan mental 
  4. bersedia ditempatkan di daerah terpencil selama satu tahun. 
  5. Diwajibkan sudah lulus kuliah Strata 1 (S1) dan terbuka untuk seluruh jurusan, 
  6. diutamakan yang sudah berpengalaman minimal satu tahun.
  7. usia diutamakan di bawah 29 tahun 
  8. memiliki nilai akademis yang baik.
Segera tuangkan semangat dan ketulusan Anda melalui aplikasi online disini untuk bergabung menjadi Pengajar Muda

Pendaftaran dilakukan secara online melalui Daftar Menjadi Pengajar Muda

Proses Menjadi Pengajar Muda

1. Fase Rekrutmen dan Seleksi

Peminat harus membuat akun dan mengisi aplikasi online berisi riwayat hidup dan esai. Aplikasi ini dijadikan acuan dasar pada proses awal seleksi. Kandidat yang lolos seleksi tahap pertama akan dipanggil untuk mengikuti beberapa tes, termasuk wawancara, psikotes dan diskusi kelompok. 
Calon Pengajar Muda terpilih dipanggil kembali untuk tes kesehatan. Proses seleksi dilaksanakan di beberapa kota, seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Medan.
2. Fase Pelatihan
Calon Pengajar Muda wajib menjalani fase pelatihan intensif selama tujuh minggu. Materi pelatihan mencakup keterampilan mengajar (teori dan praktek), kepemimpinan, latihan fisik dan lainnya. Pelatihan bertujuan agar Calon Pengajar Muda berada dalam kondisi terbaik sebelum resmi berangkat ke daerah penempatan.
3. Fase Penempatan
Calon Pengajar Muda yang berhasil melewati tahap pelatihan sampai akhir akan dilantik menjadi Pengajar Muda. Mereka disebarkan secara berkelompok ke berbagai pelosok selama satu tahun penuh. Pengajar Muda berperan sebagai guru dan pendamping penggerak pendidikan daerah.
4. Fase Paska Penugasan
Alumni Pengajar Muda terus mendukung pendidikan secara mandiri sesuai perannya di masyarakat. Sebagian besar alumni masih terlibat dalam berbagai kegiatan kerelawanan Indonesia Mengajar.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate