Propellerads

Tujuan dan Sasarn Program Keluarga Harapan (PKH)

Tujuan dan Sasarn Program Keluarga Harapan (PKH)
Propellerads
Buku Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang kebijakan, petunjuk teknis operasional serta mekanisme pelaksanaan. Buku ini ditujukan bagi pelaksana PKH di tingkat Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, serta pemangku kepentingan terkait. Dalam jangka pendek dana bantuan ini diharapkan mampu mengurangi beban pengeluaran rumah tangga (dampak konsumsi langsung), dan dalam jangka panjang merupakan investasi generasi masa depan yang lebih baik melalui peningkatan kesehatan dan pendidikan (dampak pengembangan modal manusia). Artinya, PKH diharapkan sebagai program yang mampu memutus rantai kemiskinan antar generasi. Secara khusus, tujuan PKH dijelaskan sebagaimana gambar berikut.

Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH) 2016 bapak ibuk bisa dowload langsung melalui laman website resmi kementrian sosial www.kemsos.go.id atau Bapk ibuk bisa langsung download disini dengan klik Download (jika diminta pasword masukkan paswordnya jamsoskel2016)

Baca juga Dasar Hukum Program Keluarga Harapan PKH

Sasaran Program Keluarga Harapan

Sasaran peserta PKH adalah Keluarga Miskin (KM) dan yang memiliki komponen kesehatan (ibu hamil, nifas, balita, anak prasekolah) dan komponen pendidikan (SD sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat) atau anak usia 7 - 21 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan wajib 12 tahun, penyandang disabilitas berat, dan lanjut usia diatas 70 tahun. 

Program Keluarga Harapan terdiri atas tiga komponen, yaitu komponen pendidikan yang mensyaratkan anak-anak peserta PKH terdaftar dan hadir di sekolah minimal kehadiranya 85% dari jumlah hari efektif sekolah yang berlaku, komponen kesehatan dengan kewajiban antara lain peserta mendapatkan layanan prenatal dan postnatal, proses kelahiran ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih, melakukan imunisasi sesuai jadwal, dan memantau tumbuh kembang anak secara teratur dengan minimal kehadiranya 85% dan komponen kesejahteraan sosial yang terdiri dari penyandang disabilitas berat dan lanjut usia 70 tahun atau lebih.
Baca juga 
Tujuan dan Sasarn Program Keluarga Harapan (PKH)
Dasar Hukum Program Keluarga Harapan PKH
Hak dan Kewajiban Peserta PKH
Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH) 2016
Akses terhadap kesehatan dan pendidikan yang diberikan tersebut diharapkan mampu mengubah perilaku masyarakat (miskin) agar lebih peduli terhadap kesehatan dan pendidikan generasi penerusnya, sehingga mampu menghilangkan kesenjangan sosial, ketidakberdayaan dan keterasingan sosial yang selama ini melekat pada diri masyarakat miskin.

Sejak 2012, penerima bantuan diperluas dengan rnenarnbah kategori rentan seperti keluarga yang memiliki penyandang disabilitas dan atau manula dalarn rumah tangganya. Program Keluarga Harapan (PKH) dilaksanakan secara berkelanjutan (multiyear) yang dimulai pada tahun 2007 di tujuh provinsi. Sampai dengan tahun 2015, PKH sudah dilaksanakan di 34 provinsi dan mencakup 472 Kabupaten/Kota dan 6.080 Kecamatan. Target peserta PKH pada tahun 2016 mencapai 6 juta keluarga miskin di 514 Kabupaten/Kota. 
Perkembangan Jumlah Peserta PKH
Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads