01 August 2016

Semarak Pendidikan Keluarga

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas), menyelenggarakan Semarak Pendidikan Keluarga di Plasa Insan Berprestasi Kemdikbud, Jakarta (30/7/2016). Acara yang mengangkat tema: "Gerakan Pendidikan Keluarga untuk Menumbuhkan Budi Pekerti dan Budaya Prestasi Anak”, bertujuan untuk menyebarluaskan pentingnya pelibatan keluarga bagi orangtua, peserta didik, kepala sekolah, guru, dan pemangku kepentingan lainnya.
 
Foto diambil dari kompasiana
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyampaikan tentang pentingnya peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam memperluas akses dan pemerataan layanan pendidikan keluarga. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan generasi yang berkarakter dan berbudaya prestasi. “Kita melibatkan tiga pihak sekaligus secara serempak dan sebetulnya tidak ada mana yang lebih penting. Semuanya penting, yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat", kata Muhadjir dalam sambutan sekaligus membuka acara Semarak Pendidikan Keluarga.
 
"Jadi kita tidak bisa membebankan kepentingan ini hanya kepada salah satu pihak, baik sekolah, keluarga, maupun masyarakat, karena semuanya penting”, jelasnya.
 
Kemudian Muhadjir juga menyampaikan tentang perlunya pendidikan bagi orangtua sebagai pendidik melalui edu parenting (pendidikan keluarga)Hal ini bertujuan menyadarkan para orangtua bahwa mereka adalah pendidik yang juga bertanggung jawab dalam memberikan pendidikan bagi anak-anaknya. Sehingga nantinya akan ada keselarasan antara orangtua, sekolah, dan masyarakat.
 
Senada dengan Mendikbud, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Harris Iskandar juga menyebutkan tentang pentingnya peran dari berbagai pihak dalam meningkatkan pendidikan.
 
“Pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, semua pihak perlu terlibat untuk menyukseskannya,” ujar Harris.
 
Dalam kesempatan ini, Mendikbud Muhadjir juga mengundang Anies Baswedan, untuk hadir dan memberikan sambutan di acara ini. Selain dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni, dalam rangkaian acara Semarak Pendidikan Keluarga ini, Kemdikbud memberikan apresiasi kepada 15 orangtua hebat untuk keluarga yang telah sukses mendidik anak-anak mereka yang sebagian memiliki keterbatasan. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pemenang Lomba Karya Jurnlistik Pendidikan Keluarga. 
 

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate