Propellerads

Pulau Enggano terpilih menjadi lokasi pusat pelaksanaan upacara 17 Agustus tingkat nasional untuk pulau terluar

Pulau Enggano terpilih menjadi lokasi pusat pelaksanaan upacara 17 Agustus tingkat nasional untuk pulau terluar
Propellerads
Pulau Enggano, yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, telah terpilih menjadi lokasi pusat pelaksanaan upacara 17 Agustus tingkay nasional untuk pulau terluar, tanggal 17 Agustus mendatang. Pemilihan dilakukan oleh Tim Koordinasi Pembangunan Pulau Kecil Terluar.

Pemilihan pulau kecil terluar sebagai salah satu tempat perayaan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 itu, sejalan dengan semangat bahwa Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) Indonesia memiliki nilai strategis sebagai Titik Dasar dari Garis Pangkal Kepulauan Indonesia dalam penetapan wilayah Perairan Indonesia, Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, dan Landas Kontinen Indonesia.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar, Pulau Enggano termasuk salah satu pulau kecil terluar dari 92 pulau-pulau kecil terluar yang diatur dalam Perpres itu.

“Kaitannya dengan pembangunan pulau kecil terluar, secara khusus Pemerintahan Presiden Jokowi memasukkannya dalam Nawacita, membangun dari pinggiran. Sehingga menjadi komitmen yang lebih kuat lagi,” jelas Deputi Bidang Kemaritiman Sekretaris Kabinet (Seskab) Ratih Nurdiati dalam pertemuan tim koordinasi, di ruang rapat lantai 4 Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (8/8) siang.

Menurut Deputi Kemaritiman Setkab, pertemuan itu dilakukan untuk membangun sinergi di antara sesama instansi pemerintah dalam meningkatkan publikasi informasi tentang pembangunan yang dilakukan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah di pulau-pulau kecil terluar.

“Tugas kami melakukan pengawasan pelaksanaan kebijakan dan program Pemerintah. Serta mendorong untuk implementasi proyek-proyek tertentu, program-program tertentu, strategis nasional. Pulau kecil terluar ini akan menjadi bagian pengawasan kami,” tambah Ratih.

Ia menyebutkan, pembangunan pulau-pulau kecil terluar sendiri dilakukan dengan pendekatanmempertimbangkan aspek pertahanan keamanan, pelestarian lingkungan, dan kesejahteraan. Dimana pengelolaannya akan dilakukan secara terpadu oleh Pemerintah Pusat  bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. Hal in sesuai dengan sasaran pembangunan kewilayahan dalam RPJMN 2015-2019, yaitu peningkatan keamanan dan kesejahteraan masyarakat perbatasan di 92 PPKT sampai tahun 2019.

Dalam pertemuan ini, Deputi Kemaritiman mengajak perwakilan K/L (Kementerian/Lembaga) untuk terus meningkatkan program-program PPKT yang sudah dilakukan agar lebih banyak diketahui oleh unsur Pemerintah dan Non-Pemerintah.
“Untuk pulau-pulau kecil terluar ada 100-an lebih, tantangannya bagaimana menceritakan supaya ada perhatian ke sana. Perhatian bukan sekedar dari Pemerintah. Tetapi dari yang non-Pemerintah juga tahu kita sedang melakukan ini, ada potensi itu,” jelas Ratih.

Deputi Kemaritiman Seskab itu menegaskan, komitmen Pemerintah kebijakan pembangunan dari pinggiran ini terus dikomunikasikan oleh Presiden Jokowi dalam berbagai sidang kabinet. Dalam Sidang Kabinet Paripurna, 17 November 2014, Presiden Jokowi memberi arahan agar para Menteri Teknis memperhatikan pembangunan di kawasan perbatasan.

Presiden Jokowi juga mempertegas arahan dalam Rapat Terbatas pada 17 Desember 2014 agar anggaran difokuskan pada penyelesaian masalah di perbatasan untuk infrastruktur, pertahanan dan keamanan, perhubungan, serta komunikasi dan informatika.

Terkait pengelolaan komunikasi publik sebagaimana diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2015, Presiden Jokowi memberi arahan kepada seluruh Menteri dan Kepala Lembaga untuk menyampaikan setiap kebijakan dan program Pemerintah secara lintas sektoral dan lintas daerah kepada publik secara cepat dan tepat. Selain juga, memastikan agar informasi yang disampaikan melalui berbagai salurah komunikasi kepada masyarakat secara tepat, cepat, objektif, berkualitas baik, berwawasan nasional, dan mudah dimengerti terkait dengan kebijakan dan program Pemerintah.

Informasikan, Presiden selalu mengatakan di awal Kabinet Kerja, Bapak Ibu Menteri sudah melakukan yang baik-baik. Pandai-pandailah menceritakan, dikemas sebaik mungkin, secepat mungkin, apa yang sudah dikerjakan,” pungkas Ratih.

Dalam kesempatan ini, Bupati Bengkulu Utara, Mian, juga menyampaikan rencana percepatan pembangunan Pulau Enggano. Sementara perwakilan K/L juga menyampaikan program-program prioritas terkait PPKT yang sudah dan akan dilakukan.

Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari Kemenko Kemaritiman, Kemenko Polhukam, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kesehatan, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Pariwisata, serta Staf Ahli Seskab Bidang Komunikasi.
Sumber : setkab.go.id
Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads