25 August 2016

Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH) 2016

Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH) 2016. Bapak ibuk Pendamping PKH dikecamatan masing-masing yang bertugas penuh dengan dedikasi untuk program keluarga harapan menuju indonesia menuju indonesia sejahtera. Selamat betugas mengembankan amanah yang mulia. Tahun 2016 ini kementrian sosial telah meluncurkan kembali Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH) 2016.
Pengumuman Hasil Seleksi TKB SDM PKH 2016
Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH) 2016 bapak ibuk bisa dowload langsung melalui laman website resmi kementrian sosial www.kemsos.go.id atau Bapk ibuk bisa langsung download disini dengan klik Download (jika diminta pasword masukkan paswordnya jamsoskel2016)
Baca juga 
Tujuan dan Sasarn Program Keluarga Harapan (PKH)

Dasar Hukum Program Keluarga Harapan PKH

Hak dan Kewajiban Peserta PKH

Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH) 2016
Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan tunai bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai peserta PKH. Kriteria peserta PKH adalah keluarga miskin yang memenuhi minimal salah satu syarat berikut:
  1. Memiliki komponen kesehatan yakni anak dengan usia di bawah 6 tahun, ibu hamil/menyusui, termasuk anak penyandang disabilitas ringan/ sedang. 
  2. Memiliki komponen pendidikan anak usia sekolah 6 hingga 21 tahun untuk peserta pendidikan SD/MI sederajat, SMP/MTs sederajat dan/atau SMA/MA sederajat, termasuk anak penyandang disabilitas ringan/ sedang. 
  3. Memiliki komponen kesejahteraan sosial untuk Penyandang Disabilitas Berat di dalam keluarga peserta PKH. Penyandang Disabilitas Berat adalah mereka yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual atau sensorik dalam jangka waktu lama kedisabilitasannya sudah tidak dapat direhabilitasi, tidak dapat melakukan aktivitas kehidupannya sehari-hari dan/atau sepanjang hidupnya pada bantuan/pertolongan orang lain, tidak mampu menghidupi diri sendiri, serta tidak dapat berpartisipasi penuh dan efektif dalam masyarakat berdasarkan kesetaraan dengan lainnya (Sumber: Pedoman Pelaksanaan Pemberian Asistensi Sosial Bagi Penyandang Disabilitas Berat, 2015). 
  4. Memiliki komponen kesejahteraan sosial untuk lanjut usia 70 tahun ke atas di dalam keluarga peserta PKH dengan kriteria: 
  • Lanjut usia berusia 70 tahun ke atas per 1 Januari pada tahun validasi. 
  • Lanjut usia berusia 70 tahun ke atas yang menjadi orang tua yang mengurusi keluarga PKH. 
Pendamping PKH adalah sumber daya manusia yang direkrut dan dikontrakkerjakan yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai pelaksana pendampingan di tingkat Kecamatan. 

Operator PKH adalah sumber daya manusia yang direkrut dan dikontrakkerjakan yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai pelaksana teknis pengolahan data di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota. 

Koordinator Kabupaten/Kota PKH adalah sumber daya manusia yang direkrut dan dikontrakkerjakan yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai pelaksana koordinator PKH di Kabupaten/Kota dan membawahi pendamping dan operator.

Koordinator Wilayah PKH adalah sumber daya manusia yang direkrut dan dikontrakkerjakan yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai pelaksana koordinator PKH di tingkat Provinsi dan membawahi Koordinator Kabupaten/Kota.

Koordinator Regional PKH adalah sumber daya manusia yang direkrut dan dikontrakkerjakan yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial yang membawahi koordinator wilayah PKH.

Koordinator Divisi PKH adalah sumber daya manusia yang direkrut dan dikontrakkerjakan yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial yang bertanggung jawab terhadap subdivisi-subdivisi yang ada di Pusat.

Sinergitas Program adalah mekanisme penyelenggaraan PKH yang bersifat multisektor, baik di pusat maupun di daerah, yang melibatkan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan serta masyarakat.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate