28 August 2016

Cara sopan santun menghubungi dosen melalui Handphone

Cara sopan santun menghubungi dosen melalui Handphone. Menghubungi seseorang tentu ada cara sopan santunnya, berkomunikasi dengan sopan santun akan membuah hasil komunikasi yang dinginkan. Banyak orang yang salah cara berkomunikasi, sehingga terjadi kesalah pahaman antar keduanya. Terkadang salah itu bisa waktu yang tidak tepat untuk menghubungi seseorang, anda salah waktu menghubunginya karena anda menghubunginya di jam istirahat atau jam sibuknya, terkdang kesalahan adala dalam bahasa dan cara penyampaian anda yang tidak sopan santun karena terbisa berbicara lepas dengan teman-teman anda.

Bagi mahasiswa, terutama mahasiswa baru, tentu cara menghubungi dosen perlu diketahui bagaimana cara yang sopan. Apa sebab, anda yang baru meninggalkan sekolah, tentu suasana belajar dan komunikasi dikampus berbeda dengan disekolah, maka kebiasaan yang tidak bagus (jika akamu anak bandel), hehe maka itu tidak bisa dibawa ke lingkungan kampus terutama untuk berhadapan dengan dosen anda. Nah, kesempatan ini saya akan membagikan cara sopan santun menghubungi dosen memalui handphone


  1. Perhatikan waktu yang tepat untuk menghubungi. Waktu yang tepat untuk menghubungi orang adalah dimana pada waktu itu orang biasanya tidak sedang istarahat atau memiliki kesebukan tertentu lainnya. Contoh : Hindari menghubungi dosen diatas jam delapan malam atau disaat waktu shalat. 
  2. Awali dengan sapaan atau mengucapkan salam. Contoh Assalamualaikum, selamat pagi, selemat sore. Sesuaikan dengan keyakianan masing-masing 
  3. Gunakan bahasa yang umum dan mudah dimengerti, tanda baca yang baik dan konteks yang formal. Contoh. Hindari singkatan-singkatan dan bahsa gaul anda sesama teman. Ass, dma, aq, kpn, otw, iye dll 
  4. Ucapkan kata maafuntuk menunjukkan sopan santun dan kerendahan hati anda. Contoh. Mohon maaf seblumnya bapak/ibuk. 
  5. Perkenalkan diri anda. Dosen menghadapi banyak mahasiswa tiap harinya dan tidak menyimpan semua nomor mahasiswanya, maka pastikan diawal pembiacaraan anda menyampaikan identitas anda . Contoh Nama saya Abdul Salim, Saya mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Angkatan 2016, semester ini saya mengambil mata kuliah dengan bapak/ibu Fisika Dasar 1 
  6. Komunikasi melalui SMS. Tuliskan keperluan anda degan singkat dan jelas. Contoh: Assalamualaikum, Saya Abdul Salim Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Angkatan 2016 memerlukan tanda tangan bapak dilembar Kartu rencana studi saya. Kapan kiranya saya bisa menemui bapak. 
  7. Akhiri dengan ucapan terimakasih dan salam sebagai penutupnya.
Cara diatas tidak hanya digunakan untuk menghubungi dosen. Jika anda menghubungi orang lain juga dengan cara yang sama, apakah anda sedang menghubngi teman anda yang jarang ketemu, menghubungi atasan anda ditempat anda bekerja atau menghubungi orang yang baru anda kenal.

Dalam hidup ini, cara anda berkomunikasi  adalah sangat menentukan titik terangnya langkah anda. Komunikasi sangat perlu, maka cara komunikasi akan sangat perlu lagi jika anda ingin berkomunikasi. 

Setelah membaca cara berkomonikasi diatas, sekarang intropeksi diri anda, apakah anda sudah menggunakan cara-cara bekomunikasi diatas jika anda menghubungi seseorang, apalagi orang yang anda hubungi itu adalah orang yang anda butuhkan dan orang itu adalah atasan anda. Jika selama ini, cara anda menghubungi seseorang belum seperti cara diatas, nah kesempatan bagi anda untuk mengubahnya bagaimana cara mengubungi dan menentukan waktu yang tepat untuk menghubungi. 

Keuntungan yang didapat jika anda mengubungi seseorag dengan cara yang sopan santun dan waktu yang tepat maka respon akan segera diberikan. Maka akan mempermudah urusan dan kepentingan anda. 

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate