03 June 2016

Bio Presv Sebagai Pengganti Formalin

Zat formalin yang digunakan untuk pengawet mayat sekarang masih digunakan oleh produsen-produsen tahu untuk mengawetkan tahu hasil produksi mereka. Zat yang berbahaya tersebut tidak hanya digunakan oleh produsen tahu, tapi para penjula bakso dan mie mie lainnya. Menyadari bahaya penggunaan zat tersebut guru dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Bina Putera, Kopo, Serang, Banten melakukan inovasi baru dengan menciptakan bahan pengawet alami sebagai ganti formalin yang diberinama Bio Presv. Pengawet alami yang ditemukan oleh para siswa ini sangat baik digunakan untuk pengawet alami Tahu.

BioPresv dengan bahan dasar buah pisang dibuat melalui proses fermentasi. Buah pisang dijadikan sebagai media untuk sumber nutrisi bakteri murni. Dia menjelaskan bakteri murni tersebut berfungsi untuk menekan bakteri pembusuk masuk ke dalam bahan tahu. "Bakteri murni ini bantuan dari Lab MBrio Bogor, mereka juga yang membantu SMA Bina Putera hingga pisang bagus didapat," Pisang yang digunakan sebagai bahan dasar BioPres harus pisang manis yang matang, sebab media tersebutlah yang menjadi sumber nutrisi bagi Lactobacillus. Jika ada campuran kurang matang, maka ada penambahan fruktosa, jenis gula sederhana. Kemudian, setelah difermentasi lima hingga tujuh hari, barulah dilakukan penyaringan. Ampas dipisahkan dan airnya lalu dikemas. "Kita lagi coba ampasnya untuk pupuk tanaman.
Baca juga Pengawet Alamai BioPresv
Pada proses pembuatan tahu, BioPresv difungsikan untuk menggantikan peran formalin yang sering digunakan para pembuat tahu. Ketika ditambahkan dalam proses pembuatan tahu, BioPresv bisa membuat tahu tetap kenyal, dan tak mudah rusak. Pengawet alami itu juga berfungsi untuk menghindari bau busuk dan tidak licin, pada saat perendaman.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate