22 May 2016

Satu Juta Domain Gratis, Momentum Kebangkitan UKMK

PropellerAds
PropellerAds
Peringatan Puncak Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2016 terbilang istimewa, pasalnya Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan Program Satu Juta Domain untuk Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK).  ”Dengan momentum ini UKM bangkit untuk memafaatkan kemajuan teknologi digital dalam meningkatkan ekonominya,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada Acara Peluncuran Satu Juta Domain bagi UKMK di Surabaya, Jumat (20/05/2016).

KOMINFO

Rudiantara menyampaikan memang tidak mudah melakukan pengelolaan satu juta domain bagi UKMK. Dari sisi administrasi persoalan yang muncul adalah bagaimana mengurusnya, kemudian bagaimana memastikan penerima program adalah UKMK karena UKMK merupakan inti dari perekonomian Indonesia. “Kami menghitung untuk satu juta ini dulu nanti kalau melihat UKM bertambah, tidak ada masalah. Domain satu juta diberikan kepada UKM (dot).id dengan nama Nings", jelasnya. 

Menkominfo menekankan kepada para pelaku UKMK tentang hosting, yaitu agar berjualan produk tidak sekedar dibuatkan (dot).id namun juga harus memproses  gambar. Ada label dan juga informasinya dan bisa setiap saat bisa diakses masyarakat maupun yang ingin membeli. “Hosting satu tahun diberikan dari Pemerintah adalah gratis dan saya senang Dinas Kominfo Jawa Timur akan membuat datacentre. Jadi, untuk wilayah Jawa Timur setelah setahun gratis hosting bisa dipiindahkan ke Infokom Jawa Timur,” papar Rudiantara.

Di bagian akhir sambutan, Menkominfo berpesan kepada pelaku UKMK bahwa ekonomi Indonesia kokoh karena ada UKM. "Teruslah berjuang dan terus mengupayakan ekonomi dari sektor UKM. Kementerian Kominfo akan turut membantu dan mendukung dalam menyediakan fasilitas infrastruktur untuk bertujuan mempercepat aktifitas ekonomi UKM," tuturnya.

Selanjutnya, Menkominfo didampingi Kepala Dinas UKM Prov, Jawa Timur I Made Sukartha dan Kepala Dinas Infokom Jawa Timur Eddy Santoso menekan tombol secara simbolis menandakan diluncurkannya Satu Juta Domain Gratis bagi UKM dan Koperasi di Wilayah Jawa Timur

Sumber : Kominfo.go.id
PropellerAds


EmoticonEmoticon