26 April 2016

Penyaluran Bantuan PKH tahun 2016 Kecamatan Mapat Tunggul

Program Keluarga Harapan yang disingkat PKH  PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Program PKH ini didampingi oleh para sarjana disetiap kecamatan untuk mendampingi keluara sangat miskin. Program PKH ini adalah program bantuan berupa uang tunai yang dicairkan dikantor POS terdekat. Bantuan yang diterima oleh keluar sasaran PKH berbeda-beda, jumlah itu tergantung dari berapa tanggung jawab pengurus yang masih dalam kategori.

Kabupaten Pasaman ~ Kecamatan Mapat Tunggul yang bertugas sebagai pendamping PKH adalah Aduar Dana. Kecamatan mapat tunggul yang jauh terletak di pinggir sumatera barat belum ada kantor POS, sehingga pencairan bantuan dilakukan dikantor POS terdekat yaitu kecamatan rao.

Gambar Peserta PKH ketika mengantri pencairan bantuan PKH dikantor POS Rao




IDsalim.com Terletak di Rumbai, Nagari Muara Tais, Kecamatan Mapattung. Melihat data di google maps, perjalan yang ditepuh oleh peserta PKH sangat lah jauh, yaitu menempuh jarak 38 KM.

Dari jarak tempuh yang jauh bagi peserta PKH untuk mengambil bantuan dikantor pos sudah pasti membutuhkan trasportasi. Sedangkan transportasi umum yang  mengakses jalan tersebut tidak ada, sehingga solusi yang ditempuh peserta PKH untuk menerima bantuan  dengan meminta saudara, tetangga untuk mengantar mereka ke kantor pos, bahakan ada yang naik ojek. 

Saya tidak tahu berapa bantuan yang mereka terima, tapi menurut informasi di internet, bantuan yang mereka terima berbeda dan itupun tidak banyak jika dalam keluarhga itu tidak ada anak yang masih sekolah atau ibu hamil. Misalkan dalam keluarga peserta PKH hanya memiliki satu anak yang masih SD. tentu bantuan yang dia dapat sedikit karena yang dibantu masuk kategori ibu nya sebagai pengurus dan satu anak tadi, sedangkan pencaiaran 4 tahap. 

Kalau yang diterima sedikit, tidak sampai 200 ribu, maka jika dikalkulasi biaya ojek mereka berapa, jika dia ada keluarga yang ngantar baiaya minyak dan makan pasti dibayar. Jadi berapa sisa yang bisa mereka terima.

Maksud saya dalam tulisan ini adalah bagaimana pencairan bantuan PKH khusus untuk didaerah yang terpencil termasuk dimapat tunggul, pemberi bantuan menentukan beberapa titik terdekat untuk pencairan sehingga memudahkan meraka.


Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate