10 April 2016

Pengertian, Proses terjadinya Hujan

Sore ini diguyur hujan deras dan mendadak, kenapa saya katakan mendadak karena hujan langsung deras tampa ada rinai dahulu.  Kita sering melihat hujan, menyebut hujan, bahkan mandi hujan ketika kecil. Penah gk kita bertanta-tanya tentang hujan. Dengan cerita di atas maka saya akapn mengupas seputar hujan menurut ilmu dan pengalaman saya.

 
Yang pertama apa itu hujan ?
Menurut Wikipedia Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara. Virga adalah presipitasi yang jatuh ke Bumi namun menguap sebelum mencapai daratan; inilah satu cara penjenuhan udara. Presipitasi terbentuk melalui tabrakan antara butir air atau kristal es dengan awan. Butir hujan memiliki ukuran yang beragam mulai dari pepat, mirip panekuk (butir besar), hingga bola kecil (butir kecil).

Mengkaji hujan menurut ajaran agam islam ?
Di dalam ayat kesebelas Surat Az-Zukhruf, hujan dinyatakan sebagai air yang diturunkan dalam “ukuran tertentu”. Sebagaimana ayat di bawah ini:

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ مَهْدًا وَجَعَلَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

“Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (QS. Az-Zukhruf : 11)

Bagaimana proses terjadinya hujan ?
Menurut ilmu geografi Berikut adalah proses terjadinya hujan :
1.  Panas matahari (Air Menguap)
Matahari adalah sebagian dari isi alam. Matahari yang selalu menyinari bumi dengan teriknya yang menimbulkan efek panas, sehingga panasnya matahari bisa air danau, sungai dan laut menguap ke udara. Selain dari air danau sungai dan laut air yang menguap ke udara juga bisa disebabkan juga dari tubuh manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan benda-benda lain yang mengandung air.
2. Suhu udara yang tinggi (Uap air menjadi padat – terbentuk awan)
Suhu udara di indonesia termasuk ke golongan suhu udara yang tinggi akibatnya panas matahari akan membuat uap air tersebut mengalami kondensasi (pemadatan) dan menjadi sebuah embun. Embun terbentuk dari titik-titik ir kecil sehingga suhu udara semakin tinggi membuat titik-titik dari embun semakin banyak berkumpul memadat dan akan membentuk menjadi awan.   Menurut kajian Neilburger tahun 1995, pada tahapan ini, tetes-tetes air memiliki ukuran jari-jari sekitar 5-20 mm. Dalam ukuran ini tetesan air akan jatuh dengan kecepatan 0,01-5 cm/detik sedangkan kecepatan aliran udara ke atas jauh lebih tinggi sehingga tetes air tersebut tidak akan jatuh ke bumi.
3. Dengan bantuan angin (Awan kecil menjadi awan besar)
Adanya angin dari udara yang menyebabkan tiupan yang akan membantu awan-awan bergerak ke tempat yang lain. Pergerakan angin memberikan pengaruh besar terhadap awan  sehingga membuat awan kecil menyatu dan kemudian membentuk awan yang lebih besar lagi lalu bergerak ke langit atau ke tempat yang memiliki suhu lebih rendah. Dan semakin banyak butiran awan yang terkumpul awan akan berubah warna menjadi semakin kelabu.
4. Terbentuk lah hujan
Dan setelah awan semakin kelabu akibatnya titik-titik air semakin berat dan tidak terbendung lagi akan membuat butiran-butiran air tadi jatuh ke bumi sehingga terjadilah hujan.
Untuk lebih mendalam kita lihat video dar youtube proses terjadinya hujan.



Bisakah Curah Hujan di Ukur ?
Ketika kita sekolah SMP belajar fisika kita dikenalkan nama-nama alat ukur dan fngsinya, tapi kenapa tidak ada alat ukur hujan ya yang dipelajari ketika SMP. Padahalkan mandi hujan kita sering ketika SD dan SMP. Alasannya alat ukur hujan tidak banyak dimiliki oleh masyarakat karena alatnya mahal. Jadi apa sih nama alat ukur curah hujan itu.  Alat Ukur Curah Hujan Manual Ombrometer Observatorium OBS ini harga nya 1,5 jutaan.  Alat Ukur Curah Hujan Otomatis Hellmann harganya sekitar 19 juta. Kan mahal harganya.

Apakah ada hujan buatan ?
kalau dilihat dari video hujan terjadi secara alami, tapi kok pernah dengan ada namanya hujan buatan, bagaimana sih sebenarnya hujan buata.  Untuk menjawabnya mari kita lihat dari sejarah hujan buatan ejarah Hujan buatan di dunia dimulai  pada tahun 1946 oleh penemunya Vincent Schaefer dan Irving Langmuir, dilanjutkan setahun kemudian 1947 oleh Bernard Vonnegut.Yang sebenarnya dilakukan oleh manusia adalah menciptakan peluang hujan dan “mempercepat” terjadinya hujan. Nama yang digunakan sebagai upaya “membuat hujan” adalah menjadi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). 
Nah, yang dilakukan oleh manusia pada TMC, adalah “mempengaruhi” proses yang terjadi di awan sebagai “dapur” pembuat hujan. Sehingga mempercepat peluang terjadinya hujan. Bahan untuk “mempengaruhi” proses yang terjadi di awan terdiri dari dua jenis yaitu : 1. Bahan untuk “membentuk” es, dikenal dengan glasiogenik, berupa Perak Iodida (AgI).  2. Bahan untuk “menggabungkan” butir-butir air di awan, dikenal dengan higroskopis, berupa garam dapur atau Natrium Chlorida (NaCl), atau CaCl2 dan Urea. 
Di Indonesia, upaya “hujan buatan” ini diperlukan untuk :
=> Antisipasi Ketersediaan Air, misal pengisian waduk, danau, untuk keperluan air bersih, irigasi, pembangkit listrik (PLTA)
=> Antisipasi Kebakaran hutan/lahan, kabut asap

Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Hujan 

http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/iklim/proses-terjadinya-hujan

https://www.facebook.com/notes/kf-bumi-alam-semesta/sekilas-tentang-hujan-buatan/200566536675325/ 

Artikel ini muncul karena pada saat ini terjadi hujan deras ditempat saya. Keadaan hujan ini saya sempatkan untuk membuat sebuah tulisan yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate