Propellerads

Konsep fisika dalam al quran

Konsep fisika dalam al quran
Propellerads
Belajar Fisika selama ini dianggap pelajaran yang sangat-sangat susah dkalangan para siswa SMP, SMA. Kita tidak bisa menyalahi mereka berpendapat bahwa fisika itu susah, tapi kenyataan selama ini yang terjadi adalah benar bahwa hasil belajar fisika siswa pada umumnya selalu rendah. Namun berbeda dengan pak yohanes surya, beliau mengatakan fisika itu asyik. Kok bisa pak yohanes mengatakan fisika itu asyik ?, apa karna dia pintar ?. Pak yohanes adalah memang pintar, di indonesia yang bisa dikatakan ahli fisika ya pak yohanes surya. Tapi mengapa dia bisa asyik dengan fisika, tentu ada celah yang dia senangi dengan fisika selain dari IQ yang tinggi. Nah sekarang saya akan berbagi tentang merubah pola pikir dari fisika itu susah, sulit menjadi fisika itu indah dan muda. Untuk memahami fisika supaya menjadi indah kita lihat penjelasan berikut tentang Konsep fisika dalam al quran.
 
Pada tulisan ini akan kami bahas empat Konsep fisika dalam al quran yaitu Konsep vektor, suhu dan kalor, listrik statis (SMP) dan fisika inti mebahas tentang elektron. Tulisan ini adalah kumpulan dari karya-karya ilmiah yang telah di ujikan. Sehingga tingkat kebenarannya sangat tinggi. Untuk lebih dalam memahaminya, dibawah masing-masing konsep saya cantumkan sumbernya, dengan tujuan bisa dicari sumber aslinya.

Pertama Konsep Vektor. Konsep vektor menurut Ari Kusumastuti dengan pendekatan Al-Qur’an, Vektor merupakan suatu besaran yang mempunyai arah yang dianalogikan seperti manusia dimana manusia harus mempunya tujuan dalam hidup, tujuan hidup manusia adalah mencari mardhatilah (Ridlo Allah SWT) Dan diharapkan jangan seperti skalar yang hanya mempunyai besaran saja tidak memiliki arah (tujuan hidup). 3. Nilai-nilai pendidikan spiritual pada pokok bahasan definisi vektor, peserta didik mempunyai karakter sebagai berikut; 1) Bijaksana (wisdom); 2) Kejujuran (integrity); 3) Semangat, Kerja keras (Energik); 4) Kuat (Spirit); 5) Ikhlas. Dan nilai-nilai pendidikan spiritual yang berada pada konsep medan vektor dan medan skalar adalah 1) Mengakui adanya Allah SWT sebagai satu-satunya Pencipta dengan ikhlas; 2) Semangat (Energik); 3) Spirit. Sedangkan nilai-nilai pendidikan spiritual pada konsep differensial vektor adalah 1) Bertindak selalu mendekatkan diri pada Sang Kholiq (Allah SWT), 2) Makhluk selamanya akan menjadi makhluk tidak mungkin makhluk menjadi Kholiq; 3) memotivasi peserta didik untuk selalu mencari Ilmu Allah yang tak ada batasnya itu; 4) Banyak ide (Inspiration). Pada gambar medan vektor adalah gambaran kecil yang menggambarkan keadaan yang ada pada alam jagad raya. Sejalan dengan itu bahwa alam semesta ini terdiri dari galaksi-galaksi, dan dalam galaksi berkumpul lebih kurang 100 miliar bintang.4 Jadi ada miliaran matahari dalam satu galaksi, itu berarti ada miliaran sistem tata surya pula di dalam galaksi. Seluruh bintang pada galaksi inin berputar menelilingi pusat galaksi, berthawaf mengelilingi pusat orbitnya. Ari ginanjar memberi nama pada perputaran bintang ini sebagai Thowaf Makrokosmos dan Osilasi Bintang.
Sri Jumini. 2015. konsep vektor dan nilai-nilai pendidikan spiritual di dalamnya (telaah buku: “analisis vektor” kajian teori pendekatan al-qur’an karya ari kusumastuti).  Jurnal PPKM I (2015) 1-10  ISSN: 2354-869X

Kedua Konsep Suhu dan Kalor Pemberian pada suatu zat tidak selalu menyebabkan suhunya naik. Pada es yang sedang melebur, suhunya tetap 00C walaupun terus diberi kalor sampai semua es beubah menjadi air. Sama halnya dengan air yang sedang mendidih, sehunya tetap 1000C walaupun terus diberi kalor sampai semua air berubah menjadi uap. Dalam al-quran allah telah memberikan informasi kepada manusia tentang proses perubahan wujud zat yang tertuang dalam al-quran surat al-kahfi ayat 96.


“berilah aku potongan-potongan besi." Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Dzulkarnain: "Tiuplah (api itu)." Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata: "Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku kutuangkan ke atas besi panas itu."

Winarti. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika bermuatan Integrasi islam-sains untuk menanamkan nilai-nilai Spritual siswa madrasah aliyah. Http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/jpfk
 

Ketiga Konsep listrik statis untuk fisika SMP kelas IX
KI 3
KD 3.4
AYAT AL-QUR’AN
YANG TERKAIT
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak
mata
Mendeskripsikan atom dan
partikel penyusunnya, ion dan
molekul, serta hubungannya
dengan karakteristik
bahan/material yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari
1.    Surat Ali-Imran ayat: 190-191
2.    Surat Ar-Rad ayat 12
3.    Surat Al-Baqarah ayat 33
4.    Surat Al-Mulk ayat 3
5.    surat Al-Baqarah ayat 282
6.    surat Az-Zumar ayat 18
7.    surat Ar-Rahman ayat 3-4
Friska cahyati.2015. Pengembangan lks materi listrik statis berorientasi Nilai al-qur’an untuk siswa kelas ix sekolah Muhammadiyah pendidikan fisika. Universitas muhammadiyah metro
Ke empat Konsep fisika inti

Semesta alam dari yang besar hingga yang paling kecil semua bertasbih, bertawaf mengelilingi inti yang lebih besar dan lebih mulia. Elektron-elektron berputar mengelilingi inti atom, planet-planet berputar mengelilingi matahari, satelit-satelit berputar mengelilingi planet-plenetnya, bintang-bintang berputar mengelilingi pusat galaksi, dan galaksi-galaksi yang berputar mengelilingi suatu pusat yang tidak diketahui. Berputarnya alam semesta selain bentuk tasbih juga merupakan bentuk “salatnya”. Sebagaimana sabda Nabi: “Tawaf adalah salat, hanya saja Allah membolehkan bicara dalam tawaf, barang siapa berbicara hendaklah berbicara yang baik.” Fenomena menarik yang ditunjukkan oleh elektron bertasbih ini adalah rekaat dalam salat, sejak takbiratul ikhram sampai salam merupakan satu putaran penuh dengan sudut 3600. Manusia juga bertawaf mengelilingi inti kehidupan yang maha agung, Allah SWT.

Sri Jumini.  2014. Elektron BERtasbih.  JURNAL PPKM III (2014) 243-248 ISSN: 2354-869X 
 
Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads