Propellerads

Hakikat Pembelajaran IPA

Hakikat Pembelajaran IPA
Propellerads
Dimyati dan Mudjiono (2009:9-13) menyatakan beberapa pandangan para ahli tentang belajar yaitu : 1) belajar menurut pandangan skinner  adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar, maka responnya menurun; 2) menurut Gagne, belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar merupakan kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai. Belajar terdiri dari tiga komponen penting, yaitu kondisi eksternal, kondisi internal, dan hasil belajar; 3) menurut Piaget, berpendapat bahwa pengetahuan dibentuk oleh individu. Sebab individu melakukan interaksi terus menerus dengan lingkungan. Lingkungan tersebut mengalami perubahan. Sedangkan menurut Sudjana dalam Rusman (2011:1) belajar juga merupakan proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu. Lebih lanjut menurut Arsyad (2009:1) belajar adalah suatu proses yang kompleks terjadi pada setiap diri orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungan.

Berdasarkan definisi-definisi di atas jika proses belajar itu diselenggaran disekolah dapat disimpulkan bahwa belajar adalah kegiatan siswa sehari-hari di sekolah memperoleh pengetahuan, perilaku dan keterampilan dengan cara mengolah bahan ajar dengan adanya interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Salah satu mata pelajaran di sekolah tingkat SMP adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). IPA di SMP terdiri dari mata pelajaran fisika dan biologi. Menurut Omang dkk (2003:18) mata pelajaran IPA berfungsi untuk memberikan pengetahuan tentang lingkungan alam, mengembangkan keterampilan, wawasan, dan kesadaran teknologi dalam kaitan dengan pemanfaatannya bagi kehidupan sehari-hari. Di SMP siswa mulai diperkenalkan pada pengertian dasar keilmuan, sepeti hukum, sebab akibat, dan cara pengamatan yang objektif  dengan menggunakan alat yang dapat memperluas jangkauan panca indra manusia. Dalam proses belajar tersebut siswa menggunakan kemampuan mentalnya untuk mempelajari bahan ajar. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah siswa telah melakukan proses belajar secara sempurna adalah adanya perubahan pada tingkat pemahaman, keterampilan, dan sikap pada diri siwa.
Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads