24 April 2016

Animasi Macromedia Flash

Macromedia Flash merupakan suatu program aplikasi yang digunakan untuk mengolah gambar vektor dan animasi. Objek-objek yang dapat diolah untuk membuat animasi selain gambar vektor (yang dibuat langsung dari Flash) juga gambar-gambar bitmap yang diimpor, objek sound dan objek avi. Program ini dapat juga untuk menghasilkan animasi untuk web, presentasi, game consule, dan film.

Salah satu media pembelajaran adalah penggunaan animasi, animasi dapat digunakan adalah dengan menggunakan macromedia flash. Mayub (2005:66) mengatakan bahwa komputer dapat menampilkan konsep-konsep fisika yang abstrak menjadi nyata dengan visualisasi statis maupun dengan visualisasi dinamis (animasi). Selain itu komputer dapat membuat suatu konsep lebih menarik sehingga menambah motivasi untuk mempelajari dan menguasainya. Salah satu model animasi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan macromedia flash. 

Maizora (2011:3) menyatakan bahwa macromedia flash adalah program untuk membuat animasi dan aplikasi web profesional. Bukan hanya itu, macromedia flash juga banyak digunakan untuk membuat game, animasi kartun, dan aplikasi multimedia interaktif seperti demo produk dan tutorial interaktif. Pengertian animas dijelaskan oleh Ibiz Fernandez Mcgraw-Hill/Osborn dalam Setiawan (2011:1) bahwa “Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion”. Dengan kata lain bahwa animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan. Lebih lanjut Zaharauddin dkk (2006:2) mengungkapkan bahwa animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati.


Keunggulan  Macromedia Flash
Keunggulan Macromedia Flash antara lain: 
(1) Mampu membuat animasi vektor yang interaktifitasnya sangat menarik bagi pengguna dan sesuai keinginan penggunanya; 
(2) Mudah didapat. penggunaannya yang luas, standar profesional, familiar dan representif; (3) Pembuatan objek melalui menu insert New symbol yang dapat dipergunakan berulang-ulang, sehingga dapat memperkecil ukuran file Flash yang dihasilkan. Selain itu penggunaan objek yang sama dapat mempermudah editing pada movie; 
(4) Dapat membuat gambar bentuk organik apapun dengan mudah dengan menggunakan tool-tool yang terdapat dalam toolbar, walaupun hanya menggunakan mouse.

Perangkat lunak Macromedia Flash merupakan suatu program aplikasi yang dirancang untuk animasi di web, namun perkembangannya dapat digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya sebagai media pembelajaran. Menurut Mayub (2005 : 61), Macromedia Flash mempunyai beberapa keunggulan sebagai berikut : 
(1). Populer,
(2). Penggunaannya luas, 
(3). Standar profesional,
(4). Relatif mudah,
(5). Familier, 
(6). Reprensentatif.

Zeembry (2006: 4) menjelaskan, dilihat dari berbagai kelebihan dari Macromedia Flash, bukan berarti macromedia flash lebih bagus disbanding software lain. Namun lebih ditekankan pada media web dengan ukuran file yang lebih kecil sehingga orang diseluruh dunia dapat mengetahui karya yang sudah dibuat. Ini yang kadang menjadi kesulitan dalam mengembangkan diri. Hal senada disampaikan oleh Kusrianto (2006: 2) bahwa Macromedia Flash adalah program animasi yang berbasis vektor yang dapat menghasilkan file yang berukuran kecil sehingga mudah diakses.
 
Kelemahan Macromedia Flash
Macromedia flash yang merupakan program aplikasi yang dirancang untuk animasi di web ini memiliki beberapa kelemahan dalam penggunaannya. Menurut Mayub (2005 : 62) kelemaham macromedia flash yaitu : 
(1). Interaktif dengan user kurang bebas (terkontrol), 
(2). Kurang baik untuk analisis secara kuantitatif.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate