21 April 2016

Afirmasi Pendidikan Tinggi Bagi Daerah 3T

Program Afirmasi Pendidikan Tinggi Bagi Daerah 3T merupakan program pemerintah yang ditujukan khusus anak-naka daerah 3T. Program yang digagas oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mulai dibuka sejak hari ini di Aceh. Program Afirmasi 3T yang sekarang berubah nama menjadi PROGRAM AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI BAGI PUTRA-PUTRI DAERAH TERLUAR-TERDEPAN-TERTINGGAL atau disingkat dengan ADik – 3T adalah sebuah program yang digagas untuk Memberikan kesempatan kepada anak daerah 3T lulusan SMA/SMK sederajat yang berprestasi akademik baik, untuk memeroleh pendidikan tinggi di PTN terkemuka di tanah air. Bagi kawan-kawan yang telah mengikuti SM-3T tentu tidak asing lagi yang namanya 3T. Tahun 2016 ini program Afirmasi Pendidikan Tinggi Bagi Daerah 3T telah berjalan dan telah mulai proses Pendaftaran calon mahasiswa dan verifikasi calon mahasiswa ADik di dinas pendidikan kab/kota. 

Pendaftaran calon mahasiswa dan verifikasi calon mahasiswa ADik di dinas pendidikan kab/kota; (Pengisian Form Pernyataan kesediaan mengikuti program ADik) ; 1 - 30 April 2016.
Bagi teman-teman yang berada di daerah 3T sekarang, yang GGD angkatan 1 atau yang Pengabdian SM-3T angkatan V. Informasi ini baik disampaikan kepada siswa yang tamatan SMA tahun 2016. Mumpung masih ada kesempatan sampai tanggal 30 April, masih bisa memberikan informasi dan ikut membantu mereka untuk mendaftar. Informasi ini saya yakin tidak semua siswa SMA daerah 3T mengetahuinya. 

Buku Panduan, Daftar PTN, Jurusan, Formulir Bisa download disini format RAR DOWNLOAD

Khusus Untuk Provinsi aceh Program ini hanya diperuntukkan untuk daerah-daerah yang termasuk kedalam daerah 3T. Tahun ini Aceh mendapatkan peluang untuk mengusulkan 150 para siswa yang berprestasi untuk bersaing memperebutkan 30 kursi beasiswa, namun tidak semua pelajar Aceh boleh mendaftar beasiswa ini, karena beasiswa ini dikhususkan bagi daerah 3T, untuk tahun ini hanya 12 Kabupaten/kota di Aceh mendapat jatah untuk dapat mendaftarkan para siswa mengikuti program ADIK-3T yaitu  Simeulue  10 orang,  Singkil  12 orang, Aceh selatan  12 orang,  Aceh barat daya 13 orang,  Aceh timur 20 orang, Aceh barat  13 orang, Aceh jaya 10 orang, Nagan raya 10 orang, Aceh besar 20 orang, Pidie jaya 10 orang ,Gayo lues 10 orang,  dan Bener meriah 10 orang.
Baca jugaKemdikbud Fasilitasi 75 Guru dari Sekolah Garis Depan untuk Belajar Teknologi Informasi
Sekilas tentang ADik 3T. Untuk itu, upaya percepatan dan pemerataan dibidang pendidikan di daerah 3T, khususnya pendidikan tinggi dirancang dalam suatu program khusus berupa program keberpihakan atau afirmasi pendidikan tinggi bagi anak-anak daerah 3T yang disingkat dengan ADik 3T. program ADik 3T secara nasional dirancang dalam beberapa tahapan, dimulai dari tahapan diseminasi informasi, pendataan calon peserta, pendaftaran, seleksi/ujian tulis, pembekalan, mobilisasi, matrikulasi, registrasi, proses pembelajaran, pembiayaan, pembinaan dan pembimbingan belajar agar mahasiswa dari daerah 3T dapat menyelesaikan pendidikan tingginya dengan tuntas dan hasil yang baik.
Perlakuan khusus (afirmasi) yang diberikan kepada peserta ADik 3T semata-mata bertujuan untuk afirmasi pendidikan dan harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam pedoman operasional baku (POB) ADik 3T yang merupakan ketetapan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti R.I

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate