Propellerads

Penyaluran Bantuan PKH Kabupaten Pasaman

Penyaluran Bantuan PKH Kabupaten Pasaman
Propellerads
Sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan Program Bantuan Tunai Bersyarat (BTB) yang saat ini dikenal dengan nama Program Keluarga Harapan (PKH) guna terlaksananya percepatan  penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan dibidang perlindungan sosial. Tahun 2007 adalah tahun uji coba yang dilakukan di 7 provinsi. Kabupaten Pasaman, Program PKH baru dimulai di akhir tahun 2015.
Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan tunai bersyarat kepada RumahTangga Sangat Miskin/Keluarga Sangat Miskin (RTSM/KSM) yang ditetapkan sebagai peserta PKH. Kriteria Peserta PKH adalah RTSM/KSM yang memenuhi satu atau beberapa kriteria yaitu memiliki:
1.    Ibu hamil/ibu nifas/anak balita,
2.    Anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan dasar (anak pra sekolah),
3.    Anak SD/MI (usia 7-12 tahun),
4.    Anak SLTP/ MTs (usia 12-15 tahun),
5.    Anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar.
Pada pertengahan tahun 2015, Pendamping PKH kecamatan yang ada di kabupaten pasaman mulai melaksanakan kegiatan pendampingan. Pelaksanaan kegiatan yang dimulai dari BIMTEK sampai kelapangan dengan kegiatan mensosialisasi dan validasi data.
Proses penyaluran bantuan PKH berawal dari proses pencocokan data oleh pedamping PKH yang disebut dengan Validasi. Proses ini adalah proses pecocokan keluarga sangat miskin dengan database yag dimiliki oleh KEMENTRIAN SOSIAL yang selanjutnya menentukan apakah yang bersangkutan memenuhi komponen sebagai pesera PKH. Data calon peserta yang divalidasi oleh pendamping dikirim ke pusat UPPKH Pusat untuk diproses sebagai dasar penyaluran bantuan PKH untuk peserta baru seperti di kabupaten pasaman tahun ini.
Penyaluran bantuan PKH yang dilakukan di kantor POS terdekat dari masing-masing kecamatan, Kecamatan Mapat Tunggul dalam penyaluran bantuan PKH tahap IV 2015 yang direalisasikan tanggal 04 Februari di kantor POS Rao.
Kecamatan mapat tunggul menempuh jarak lebih kurang 20-40 Km dari kantor POS rao, kebanyakan dari peserta pergi menggunaka sepeda motor, ada yang diantar sanak famili dan ada yang naik ojek. Akibat  dari Kondisi geografis seperti ini  bisa merugikan sebagian masyarakat peserta PKH karena harus menjemput sendiri, selain  dari susah menempuh medan jalan yang masih koral dan tanah mereka mengeluarkan biaya banyak. Selain dari biaya kenderaan yag ditumpangi ke famili, biaya makan dan minum. Menempuh meda jalan yang buruk membutuhkan waktu dari 20 meni – 120 menit.

Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads