23 December 2015

Usaha Bisnis Kebun Manggis

Berkebun manggis saat ini memang usaha menjanjikan. Memulai usaha untuk jangka panjang salah satunya adalah berkebun manggis, buah manggis degan harga jual yang tinggi, saat ini harga buah manggis super mencapai Rp. 20.000,- per kilogram. Memulai menanam pohon maggis baru akan malai belajar berbuah berumur 7 tahun. 
 Pohon manggis memang pohon yang manja yang memerlukan perawatan yang bagus, kebun manggis sebaiknya dibawah bersih tidak ada rumput-rumputan dan dilakukan pemupukan secara berkala untuk memacu pertumbuhan yang sempurna.
 Pada tahun ke 7 manggis mulai berbuah 5 – 30 buah per batang, pada tagun ke delapan mulai berbuah 20 – 50 per batang dan selalu meningkat tiap tahun berikutya. Melihat manggis yang telah berumur 15 tahun bisa menghasil buah siap panen 3 kg per batang dalam 2 hari. Manggis yang berumur 15 tahun ini bisa panen selama 1 bulan, berarti kita bisa memanen 15 kali dalam masa buah satu tahun, sehingga per batangnya bisa menghasilkan 45 kg /per batang.
Jumlah batang
150
Panen / Batang /Dua hari (Kg)    Minimal
3
Penen / Bulan( kali)
15
Harga per kilogram (Rp)
20.000
Hasil Penen / Tahun (Rp)
135.000.000
Catatan. Manggis berbuah 1 x dalam setahun
 
Tabel Kalkulasi Bisnis Manggis
Melihat tabel kalkulasi bisnis manggis memang menajanjikan. Untuk mendapakan hasil kalkulasi yang besar pada tabel diatas memang membutuhkan waktu yang lama yaitu 15 tahun.  Usaha bisnis kebun manggis seperti ini, untuk menanam 200 ratus batang manggis kemungkinan bisa dilakukan sebagai usaha tambahan oleh guru, karena usaha bisnis kebun manggis tidak memerlukan kerja setiap hari.
Bagai mana menam manggis. Menanam kebun manggis dilahat 0,25 Hektar bisa menam 150 batang dengan ukuran jarak 4 m x 4 m.
Sebagai langkah awal saya telah memulai menanam manggis dengan jumlah 33 batang yang telah berumur 8 tahun, jumlah sedikit ini karena lahan yang kurang luas. Dikecamatan mapat tuggul tepatnya dikejorongan rumbai dan jorong sekitarnya masyarakat telah memulai berkebun manggis, berdasarkan hasil wawan cara terbuka dengan masyarakat sudah ada masyarkat yang memulai menanam manggis mulai dari 100 batang per keluarga ada yang 350 batang bahkan sudah ada yang menanam hingga 1000 batang. Untuk 15 tahun kemudian bagi masyarakat yang telah menanam manggis 1000 batang jika dikalkulasikan seperti tabel kalkulasi bisnis manggis diatas akan menghasilkan 900 juta per tahun.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate