28 December 2015

Cara membayar iuran BPJS kesehatan via ATM BRI

Selamat datang membagikan informasi dan cara bagaimana membayar iuran BPJS Kesehatan melalui ATM. Kali ini saya hanya share cara membayarnya saja. Mengenai hal lainnya yang berkaitan dengan BPJS mungkin Anda bisa tanyakan kepada pihak BPJS Kesehatan di wilayah Anda. Sebab, saat saya berbincang dan menanyai beberapa hal tentang BPJS ada beberapa informasi yang berbeda dengan wilayah lain (menurut teman online di wilayah berbeda) dan juga sedikit berbeda dengan website utamanya. Mungkin itu kebijakan dari setiap wilayahnya.

Untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan saat tulisan ini dibuat bisa melalui tiga(3) ATM Bank dengan menggunakan nomor virtual. Yaitu:
BRI = 88888
BNI = 88888
MANDIRI = 89888
Langkah Pertama
Pada langkah ini Anda perlu mengetahui nomor peserta BPJS pada kartu BPJS Anda. Pada kartu peserta BPJS ada 13 digit angka sebagai ID atau nomor peserta yang bisa digunakan untuk membayar iuran BPJS. Tapi bukan itu semua yang digunakan. hanya 11 digit terakhir saja yang digunakan dan di awali dengan kode bank pembayaran. Perhatikan pada gambar di bawah ini.

Jadi, nomor peserta yang digunakan adalah 00127295921. Kode Bank BRI adalah 88888. Kesimpulannya. jika Anda membayar melalui ATM kode pembayaran yang Anda gunakan adalah 8888800127295921.

Catatlah nomor pembayaran Anda tadi, dan jangan lupa jumlah tagihan Anda sesuai kelas yang Anda pilih. Kemudian pergilah ke ATM terdekat untuk melakukan pembayaran.

Langkah Kedua
Setelah Anda memasukkan kartu ATM BRI Anda dan memasukkan PIN. Pilihlah menu seperti urutan di bawah ini:

    1. Transaksi lain
    2. Pembayaran
    3. Lainnya
    4. Lainnya
    5. BPJS
    5. BPJS Kesehatan
  6. Mesukkan Nomor pembayaran Anda tadi yang di awali dengan kode bank (contoh : 8888800127295921).
 Perhatikan informasi yang muncul atas nama, jumlah pembayaran, dll.
Tagihan BJS saudara akan tertera secara otamatis. jika sudah tiga bulan tidak bayar seperti saya maka akan muncul tagihan Rp. 77.520, menu yang muncul sama seperti menu transfer uang.

jika cara di atas berbeda dengan yang Anda temui pada menu ATM, Anda bisa menyesuaikannya. Karena beberapa kali menu pembayaran ATM sering berubah-ubah. Untuk Anda yang menggunakan Bank lain caranya tidak jauh berbeda. Anda hanya perlu mencatat nomor peserta dan kode bank Anda.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate