Propellerads

BEBERAPA EKSPRESI BAHASA TUBUH

BEBERAPA EKSPRESI BAHASA TUBUH
Propellerads
Kita atau orang yang sedang beriteraksi dengan kita seringkali memunculkan ekspresi tertentu tanpa rencana. Hal ini karena adanya dorongan dari sensor reseptik dan motorik yang bekerja dalam tubuh. Tampilan visual yang ditangkap oleh mata kemudian diteruskan ke otak melalui sensor tubuh. Selanjutnya otak memberikan intruksi keseluruh bagian tuibuh untuk mengambil sikap.
Didalam kelas perubahan perubahan sikap yang bersifat visual ini akan saling berhubungan dengan terciptanya suasana belajar. Pesan yang disampaikan oleh guru dan siswa terjadi seketika. Mereka menunjukkan intensitas dari sinyal sinyal tubuh yang dikirim. Sebagai contoh, disuatu sisi tatapan mata bisa berarti memebrikan perhatian, tetapi disisi lain bisa juga berarti mengejek.
Dalam beberapa kasus tanda adanya perhatian dari orang yang diajak bicara memang tidak melulu bersal dari mata. Perubahan perubahan yang terjadi pada ekspresi wajah, gerak tangan, dan lain sebagainya bisa memainkan peranan penting dalam menggunakan persaan dan antusiasme. Hanya orang yang jeli sajalah yang mampu untuk mengamati stiap gerak gerik disekitarnya dan menangkap makna-makna implisit tersebut.
Adapun beberapa contoh bahasa tubuh yang sering digunakan oleh para guru atau siswa selama berlangsungnya jam pelajaran dan interaksi sosial adalah sebagai berikut :
1.       Penggunaan ruang
Seorang guru yang mengajar disebuah kelas sudah pasti barurusan dengan sinyal-sinyal bahasa tubuh dari siswanya. Tataletak dan penggunaan ruang dikelas biasanya akan sangat mempengaruhi perubahan-perubahan yang terjadi dengan segala kemungkinannya. Oleh karena itu guru harus bisa mengantisipasinya, misalnya jarak antar siswa mapun jarak antar guru dengan siswanya.
Jarak antar siswa bukanlah faktor utama yang menyebabkan keberhasilan atau kekacauan selama proses belajar dikelas. Tetapi jarak bisa mempengaruhi intensitas hubungan atau komunikasi selama pelajaran berlangsung. Jika guru terlalu dekat dengan siswa mereka bisa merasa lebih hangat atau sebaliknya merasa kurang nyaman. Begitu juga dengan jarak antar siswa. Apabila seorang  siswa yang banyak ulahditempatkan satu bangku dengan siswa yang berkarakter sama bisa jadi mereka akan saling mendukung satu sama lain untuk membuat ulah. Sebaliknya jika siswa tersebut ditempatkan dibelakang kelas peluang untuk mencari  celah sangat besar.
Sebaiknya seorang guru jeli membaca situasi yang dinamis dikelas. Memelototkan mata kearah siswa tersebut, misalnya mungkin bisa menghambat  untuk membuat ulah yang lebih banyak. Tetapi guru juga harus ingat bahwa teguran ringan semacam ini bisa berarti ancaman bagi siswa tersebut. Karena itu, tidak bahasa tubuh saja yang bisa digunakan oleh guru dalam menaklukkan siswanya yang dianggap kelewatan, tetapi perlu juga sentuhan fisik.
Selain faktor jarak dalam arti fisika, jarak emosional juga mesti jadi pertimbangan. Pola kerjanya hampir sama dengan jarak fisik, yakni jika terlalu dekat kadang malah meningkatkan resiko seperti manja, percaya diri berlebihan, merasa terancam, dan ;lain sebagainya.
Tataletak sebuah kelas pada hakikatnya sama dengan format ruang pribadi, ruangan diatur agar posisi siswa memiliki gerak dikelas sehingga mereka mudah mengirim pesan tentang apa yang mereka harapkan dari guru. Itulah kenapa meja guru sering diatur terpisah, ini bertujuan untuk mengatur jarak psikologis antara guru dan siswa.
2.      Postur
Postur sering menunjukkan niat seseorang dalam hubungannya dengan jarak pribadi.  Sesorang yang duiduk berdiri dan duduk condong ke arah orang lain, bisa menimbulkan penafsiran beraneka ragam.
Ada seorang guru yang berdiri didepan siswa dan membungkukkan badannya akan menunjukkan adanya dominasi dan berpotensi mengancam. Seakan akan kita mau menyerang orang lain pasti sangat mudah untuk menyerang. Bagi seorang guru posis membungkuk berdiri didepan siswa sebaiknya tidak terlalu sering digunakan misalnya ketika marah.lebih baik tetap berdiri tegak agar tetap mnemberi keleluasaan untuk mengatur jarak dan mengontrol kelas.
Jika ada siswa memegag kepalaya buka berarti dia sakit kepala tetapi kemugkinan dia sedang frustasi. Kemudia wajah yang tertuduk bahu turu da posisi lega mejutai kebawah mejadi isayarat ketidak berdayaan. Jika tidak didekati dengan penuh kehangatan dia akan meajdi objek bagi teman teman yang labih kuat darinya. Bagi guru sikap siswa yang demikian bisa jadi akan menantang untuk berusaha mengembalikan kepercayaan diri siswa.
3.      Tatapan
Seorang siswa yang mendapat teguran dari gurunya mungkin mungkin serig melihat kebawah untuk menjauhkan diri dari pengalaman yang tidak menyenangkan. Bisa jadi dia berfikir jika membalas tatapa gurunya maka gurunya akan semakin marah karena mungkin tersinggung. Seorang guru yang sedang menjelaskan pelajaran denga tatapan mata yang meyakinkan maka sikap guru yang demikian biasanya mudah memeberikan dorongan persuasif kepada siswa sehingga mereka akan sangat antusias menyimak pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Kebanyakan komunikasi diekelas mengondisikan antara guru dan siswa bertemu mata, setidaknya sesekali. Tatapan mata berguna untuk menunjukkan minat orang lain yang menjadi mitra bicara. Namun biasanya tatapan mata tidak berdiri sendiri, tatapan mata didukung oleh anggota ubuh lain terutama eksperesi wajah dan gerak kepala.
4.      Ekspresi wajah dan posisi kepala
Dalam hal ekspresi wajah gerak kepala tidak bisa dipisahkan. Simbol simbol yag dimunculkan dari awajah dan gerakana kepala memang berbeda, tetapi keduanya dapat dikombinasikan dalam berbagai cara. Ekspresi dan geraka kepala meajdi penting. Keduanya memiliki peran yang sama da saling mendukung. Sebagai contoh, posisi kepala yang mendongak disertai dengan ekspresi wajah tertentu, berarti dominasi, kepasrahan, kemurungan. Dengan kata lain geraklan kepala akan lebih memiliki daya yang dahsyat ketika diiringi dengan ekspresi wajah.  Kalau kita melihat pada tatapa mata sera ekspresi wajah netral yang ditampilkan umumnya orang-orang yang sedang menunjukkan dalam keadaa konsetrasi penuh, misalnya menyimak materi pelajaran. Namun jika posisi kedua lengannya ditekukkan tepat didepan dadanya.biasanya posisi lengan seperti ini menunjukkan tingkat kecemasan, sikap seperti ini cukup ambigu dan sulit untuk diterka kecuali dengan mengetahui secara tepat masalah-masalah yang terjadi padanya.
5.      Intonasi
Dalam proses belajar mengajar dikelas, para guru bisa memanipulasi penggunaan nada  secara berulang-ulang dengan informasi yang sama, namun dengan tujuan untuk menunjukkan hal yang baru dan menarik. Intonasi yang rendah kemudian  tiba-tiba meninggi secara psikologis akan mempengaharui perhatian siswa.
6.      Gerak tubuh dan isyarat tangan
Gerak tubuh akan berhubungan lagsung dengan emosi pedengar. Setidaknya ada dua manfaat yang diperoleh pendengar. Misalya ketika sedang mendengarkan sebuah pidato yang penuh dengan ekspresif. Pertama, pendengar dapat menandai bagian bagia penting yag disampaika sehingga mereka dengan mudah menafsirkan. Kedua, pendengar tidak akan mengalami kebingungan bahkan bosan.
Cara yag sama bisa dilakukan oleh sorang guru ketika menyampaikan materi. Dalam meyampaikan materi pelajara tenu berkaitan dengan ide atau gagasan, sementara kedua hal tersebuat bersifat abstrak dan bersifat persoal. Oleh karena itu, para guru perlu membuat ilustrasi-ilustrasi atau gerakan metaforik dalam mengajar. Sebagai contoh ketika guru menyampaikan pujian aau tanda setuju guru bisa mengacungkan ibu jari dan contoh lain sebagainya.
Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads