15 August 2015

Tutorial cara membuat dan setting subdomain sch.id pada blogger

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara membuat subdomain di Blogger. Saya tidak jelaskan lagi apa itu subdomain kepada saudara dengan ringkas (tapi kasih contoh) karena saya rasa saudara sudah tahu semua apa itu subdomain.
Contoh domain www.idsalim.com
Maka subdomainya www.jasa.idsalim.com

Pada kesempatan ini saya tidak akan meberi tutorial cara membuat subdomain untuk domain .com karena sudah ada pada blog mas Aditya-web.com Lihat disini. Akan tetapi saya akan jelaskan cara membuat subdomain pada blog sekolah yang berdomain sch.id dari domain blogspot.com menjadi subdomain pada blog sekolah saudara.
Contoh domain web sekolah www.smanupijay.sch.id
Maka subdomain nya untuk osis www.osis.smanupijay.sch.id

Dari penjelasan singkat saya diatas apakah saudara sudah punya gambaran tentang apa itu Subdomain? Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Letaknya berada nama di depan domain utama. Cara membuat subdomain yang akan saya jelaskan dibawah adalah subdomain yang dibuat  di Blogger. Tentu ada 3 persyaratan yang harus dipenuhi seperti :
1. Memiliki blog ber TLD. sch.id. ( saya rasa dengan cara yang sama bisa untuk domain web.id dan id lainya.
2. Memiliki blog blogspot yang siap untuk di konfigurasi.
3. Memiliki akses menuju Cpanel domain yang dalam hal ini saya menggunakan Web hosting Idwebhost karena saya menyewa domain utamanya disana.
Lalu ada tiga pertanyaan lagi,
1. Apakah membuat subdomain di Blogger gratis? Jawabannya, ya 100% gratis. Bayarnya ya cuma untuk domain utama saja.
2. Berapakah jumlah subdomain yag dibuat untuk 1 domain induk ? Jawabannya Subdomain untuk sch.id dengan web hosting Idwebhost bisa membuat maksimal 10 subdomain.
3. Bisakah subdomain yang dibuat satu akun dengan akun google dengan domain induk jika domain induk menggunakan blogger. Jawaban TIDAK. Subdomain yang akan saudara buat harus memiliki akun google tersendiri. (jadi saudara harus buat blog baru untuk subdomain pada blo blospot)
Silahkan disimak langkah - langkah teknis perihal cara membuat subdomain di blogger
1. Pertama, Login ke dalam akun Blogger => Masuk ke Dashboard => Pilih Menu Setting.

2. Kemudian Klik Setup + a 3rd party url for your blog.


3. Isikan pada bagian Blog Address dengan alamat subdomain kita. Jika sudah klik Save. contoh www.osis.smanupijay.sch.id (masukan www nya yaaaa)

4. Jika sudah di save, maka saudara akan dihadapkan dengan CNAME silahkan dikopi caname tersebut. Kalau saya saya kopi dulu di notepad. Kemudian klik save maka akan tetap terjadi kesalahan 12 seperti tulisan merah. Biarkan saja tidak ada masalah

5. Lagkah selanjutnya kita bawa CNAME tadi ke cotrol panel URL masukkan userame dan pasword yang pernah dikrim oleh Idwebhost ke emai ketika membuat domain induk

6. Setelah logi silahkan lagsung menuju advanced DNS zone editor. 

7. Kita akan dihadapkan dengan form pengimpuntan Nama, TTL, Class, Type, Record, dan action

Contoh pengimputan

Setelah di input silahkan klik Add Record dan seterusya lihat pada langkah 8 yang akan saudara input
8. Input data sesuai dengan Nama, TTL, Class, Type, Record, dan action dibawah sehingga menghasilka seperti tabel dibawah. Tabel dibawah adalah bagian dari subdomainnya. Bagian domain induk juga tergabung, tapi saya tidak tampilkan

9. Pekerjaan hampir selesai, saudara kembali ke blogspot silahkan klik save dan pasti akan muncul merah kembali kesalahan 12.
10. Untuk merubahnya saudara bisa instirahat dulu. Proses pergantian subdomain ini bervariasi bisa sekitar beberapa menit, beberapa jam atau maksimalnya 1 x 24 jam. Silahkan saudara tunggu hingga antara settingan di cpanel DNS dengan Hosting blogger tempat kita atur subdomainnya tadi bisa terkoneksi sehingga nantinya bisa kita akses.
11. Jika sudah saudara cek kembali blogspot saudara 1x24 jam saudara kembali masukkan subdomain saudara tadi sesuai lagkah 3. Jika bisa tersave maka saudara  klik edit lalu checklist (mencentang) tulisan Redirect subdomain.namadomain.com to www.subdomain.namadomain.com agar domain bisa diakses baik menggunakan www maupun tanpa www. Jika saudara tidak menginginkan subdomain saudara diakses menggunakan www abaikan saja bagian ini.
12. Jika dalam 24 jam juga belum berhasil coba saudara hubugi hotline Idwebhost, silahkan chat keluhan saudara, jika saudara bingung saudara bisa minta tolong utuk settingkan subdomain saudara dengan mengirim subdomain saudara misal osis.smanupijay.sch.id kemudian megirim cname yang ada pada langkah 4.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate