Propellerads

Pengunaan PhET Untuk meningkatkan minat belajar fisika

Pengunaan PhET Untuk meningkatkan minat belajar fisika
Propellerads
Salam fisika dari pak salim untuk kita semua. Yang pertam untuk fisika YES, Yang kedua utuk Fisika IS THE Best, yang ketika untuk Fisika SAYA EINSTEIN-nya. Saudara blogger dan Bapak/Ibu semua kali ini saya akan membahas sebuah situs yang memberikan simulasi gratis yang berkaitan dengan pelajaran fisika, kimia, bilogi, IPA, matematika mulai dari level tingkat sekolah dasar SD, SMP, SMA sampai tingkat Universitas. Pembahasan saya ini berkaitan dengan tulisan saya sebelum membahas cara belajar fisika versi pak salim. Sebelum kita melihat apa saja simulasi-simulasi yang diberikan oleh PhET secara gratis, kita kenalan dulu dengan Physics Education Technology (PhET).
 

Apa itu PhET
Dalam penjelasan disitus resmi tentang PhET mengataka bahwa PhET menyediakan simulasi yang menyenangkan, gratis, interaktif, ilmu pengetahuan berbasis penelitian dan matematika. Kami secara ekstensif menguji dan mengevaluasi setiap simulasi untuk memastikan efektivitas pendidikan. Tes ini meliputi wawancara siswa dan observasi penggunaan simulasi di ruang kelas. Simulasi ditulis di Jawa, Flash atau HTML5, dan dapat dijalankan secara online atau di-download ke komputer Anda. Semua simulasi yang open source (lihat kode sumber kami). Beberapa sponsor mendukung proyek PhET, memungkinkan sumber daya ini bebas untuk semua siswa dan guru.
Dengan penjelasan yang diberikan oleh situs resmi yang saya translate ke google itu makan saya jelaskan lagi bahwa Physics Education Technology (Phet) merupakan simulasi interaktif fenomena-fenomena fisis, berbasis riset yang diberikan secara gratis. Dengan pendekatan berbasis-riset yang menggabungkan hasil penelitian sebelumnya memungkinkan para siswa untuk menghubungkan fenomena kehidupan nyata dan ilmu yang mendasarinya, pada akhirnya memperdalam pemahaman dan meningkatkan minat mereka terhadap ilmu fisika.
PhET di bawah Lembaga tinggi pendidikan yaitu Universitas Colorado. Berdasarkan situs resmi PhET http://phet.colorado.edu tujuan pembuatan software simulasi interaktif ini adalah “help students visually comprehend concepts, ensure educational effectiveness and usability” Yang pertama adalah membantu siswa untuk memvisualisasikan konsep secara utuh dan jelas, kemudian menjamin pendidikan yang efektif serta kebergunaan yang berkelanjutan. Di website PhET juga terdapat informasi bagi guru bagaimana menggunakannya dalam kelas serta sudah ada RPP nya tapi tetap harus kita sesuaikan dengan kondisi kelas kita masing-masing. selain itu juga di sediakan jurnal-jurnal yang menggunakan phet sebagai bahan penelitian pendidikan
Bagaimana menggunakan PhET
Di dalam penyampaian materi pembelajaran, guru pastinya akan lebih terbantu dengan menggunakan media pembelajaran. Bagaimana meggunakan PhET. PhE bisa diguaka secara online dan juga bisa diguakan secara ofline. Secara online tentu guru harus punya koeksi internet ketika mengajar. PhET juga bisa digunakan secara offline yaitu dengan mengistal Program PhET pada laptop bapak/ibuk guru, sebelum instal tentuya Bapak/Ibu sudah pasikan sudah mendownload nya.
Penuh paket PhET Offline Installer Situs menginstal salinan website PhET ke komputer Anda. Setelah terinstal, Anda tidak perlu terhubung ke internet untuk melihat atau menjalankan salah satu simulasi (selama Anda memiliki Java, Flash, dan web browser seperti Firefox atau Internet Explorer).
Java termasuk dalam download Windows. Pengguna Mac OS X telah memiliki Java terpasang. Pengguna Linux dianjurkan untuk menemukan versi yang cocok untuk sistem mereka. Installer ini dari simulasi PhET diperbarui secara teratur. Kami sarankan menguninstall versi sebelumnya Anda sebelum menginstal yang baru. Installer yang terakhir diperbaharui pada 12 Agustus 2015 di 04:30:56 MDT.


Keuntungan menggunakan PhET
Khusus untuk mata pelajaran Fisika, guru sudah terbantu dengan adanya media pembelajaran berupa animasi yang telah disediakan oleh website khusus yaitu situs Phet.  Phet digunakan untuk membantu siswa memahami konsep visual, simulasi PhET menganimasikan besaran-besaran dengan menggunakan grafis dan kontrol intuitif seperti klik-dan-tarik, penggaris dan tombol. Dan untuk lebih mendorong eksplorasi kuantitatif, simulasi juga menyediakan instrumen pengukuran seperti penggaris, stopwatch, voltmeter dan termometer. Pada saat alat-alat ukur digunakan secara interaktif, hasil pengukuran akan langsung ditampilkan atau dianimasikan, sehingga secara efektif akan menggambarkan hubungan sebab-akibat dan representasi terkait dari sejumlah parameter percobaan (seperti misalnya gerak benda, grafik, tampilan angka dan sebagainya
Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads