08 August 2015

Cabang-Cabang Ilmu Geografi

Geografi yang kita kenal selama ini adalah sebuah pelajaran IPS yang membahasa tentang bumi, ternyata geografi memiliki cabang-cabang disiplin ilmu. Diantara cabang-cabang ilmu geografi adalah :

  1. Geografi Budaya (cultural geography)  
  2. Geografi ekonomi (economic  geography)  
  3. Geogrfi sejarah (istoricial geography)  
  4. Geografi Politik(politicial geography)
Untuk mengetahui secara singkat tentang cabang-cabang ilmu geografi mari kita lihat penjelasanya satu persatu.  
Geografi Budaya (cultural geography). ini adalah istilah untuk ilmu yang berusaha memahami keragaman budaya manusia ddi berbagai penjuru dunia, dan coba mengungkapkan hubungan antara keragaman budaya dengan lokasi masyarakatnya .Cikal bakal studi ini dapat dilacak pada konsepsi jerman di abad Ke 19, yakni salah satu pendekatan yang kemudian dipadukan oleh pemikiran serupa di Amerika Utara oleh Carl Sauer (1889-1975) dan para mahasiswa yang kemudian berkembang menjadi sebuah aliran tersendiri yang kini disebut  “aliran Berkeley” Sauer menentang deteriminisme lingkungan dan ia mencoba keterlibatan manusia dalam tranformasi permukaan bumi (Thomas,1956).guna melacak tranformasi tersebut, Sauer menggunakan berbagai data mulaidari pola permukiman, domestikasi tumbuhan dan hewan, distribusi artefak material dan difusi inovasi. Bertolak dari karya-karya para arkelog kontemperer seperti Alfred Kroeber dan alamiah alamiah oleh kelompok budaya. Ia menyatakan lansekap akultural yakni perubahan lansekap alammiah oleh kelompok budaya tertentu. Kebudayaan merupakan agen, wilayah alamiah itu merupakan medium atau perantara, sedangkan lansekap kultural merupakan hasilnya.
Geografi budaya kian sivarnai oleh konsep-konsep historisdan ini membanggkitkan kembali kenantgan di masa colonial misalnya hak kepemilikan lahan kaum pribumi.
Geografi ekonomi (economic  geography) salah satu subdisiplin geography (human geography) yang mencoba menguraikan dan menjelaskan produksi,  distribusi, pertukaran , perdagangan, dan konsumsi atas berbagai barag dan jasa yag dilakukan pada tempat-tempat yang saling berjauhan. Geografi ekonomi milai diakui sebagai bidag studi tersendiri pada akhir abad ke-19 da kebangkitannya bertolak dari kolonialisme eropa. Pertama, para perintisnya mencoba menyusun dafar kekayaa sumber daya global yang bisa diperdagagkan, dan kondisi-kondisi produksinya (Chilsolm 1889), dan kedua, mereka mencari justifikasi intelektual atas ketimpanga ekonomi antara penjajah dan dijajah, sehingga mereka mendasarkan diri pula pada environmental deerminism (Hutingtom 1915)
Geogrfi sejarah (istoricial geography) geography sejarah di beri arti yang bermacam-macam. perkembanganya telah berlangsung sejak lama. Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 isilah ini bisa dipakai berkenaan dengan sejarah eksplorasi dan penemua, pembuata peta dunia, da perubahan batas-batas politik dan administrasi. Namun kelahiran serta perkembangan geografi sejarah modern sebagai studi mengenai sebagai keadaan geografi dimasa lalu bisa dilacak dari tahu 1920-an dan 1930an. Pada 1960a ia elah cukup matang unuk berdidiri sendiri sebagai sebuah disiplin ilmu, yang tidak haya berususan dengan rekontruksi keadaan geografis masa lalu, tetapi juga mempelajari perubahan-perubahan geografi. Definisi yang signifikanmengenai disiplinini diberikan oleh H.C Darby (1962) dalam sebuah pernyataan pokok yang menggabungkan pandangan lama dan baru.
Geografi Politik(politicial geography). Nendefinisikan geogarafi politik merupakan tugas sulit sebab sasaran dan tujuannya sering berubah seiring dengan sifat geografi yang berubah sebagai suatu disiplin.Ada suatu jalinan umum dalam semua geografi politik yang didasari atas  perhatian terhadap Negara sebagai entitas teriitorial(kedaulatan Negara  dengan tanah air nasional yang terletak di jantung legitimasi dan praktik Negara modern).terpusat ke Negara. Sejak abad ke19 telah memahami empat fase perkembangan utama;linkungan,fungsi,analisis wilayah, dan pluralistic.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate