09 June 2015

Proposal Masa Orieasi Peserta didik Baru


    I.        LATAR BELAKANG
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang di lakukan oleh orang dewasa untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan ,pengendalian diri, kepribadian ,kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Disamping itu pendidikan merupakan sarana yang sangat penting dalam membangun peradaban manusia sehingga sangat dicari atau diburu oleh setiap insan yang ingin maju dan berkembang sesuai dengan era global sekarang ini yang penuh dengan persaingan terutama di bidang Ilmu dan Tehknologi (IPTEK), dilain pihak penanaman nilai-nilai karakter bangsa yang sesuai dengan karakter ketimuran serta menggali dan memelihara kebudayaan nasional umumnya sehingga generasi penerus tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa yang selalu cinta akan kebudayaan, peka terhadap lingkungan yang sehat serta cinta negerinya.
Animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap dunia pendidikan mendorong sekolah-sekolah berbenah diri secara internal dengan melengkapi sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional serta pelayanan prima terhadap kebutuhan masyarakan umumnya dan peserta didik khusunya serta visi misi sekolah yang baik sehingga sekolah yang bersangkutan menjadikan dirinya sebagai sekolah faforit yang paling dituju atau dicari oleh masyarakat yang haus akan pendidikan bermutu.

 II.      TUJUAN
1.      Tujuan Umum :
a.       Mengenalkan sekolah kepada peserta didik baru untuk lebih memahami visi dan misi sekolah.
b.      Mendorong para peserta didik baru agar mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga diharapkan dapat mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan baik.
c.       Memberi pemahaman tentang kehidupan sekolah dalam rangka pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif.
d.      Mendorong para peserta didik baru untuk lebih memiliki kepercayaan diri, kemampuan mengemukakan pendapat dan mengaktualisasikan diri.
e.       Menumbuhkan motivasi dan semangat belajar yang kompetitif agar dapat meraih cita-cita sesuai bakat, minat, dan kemampuannya.
f.        Memiliki kebanggaan sebagai warga sekolah, menjaga nama baik, dan almameter sekolah dengan penuh rasa tanggung jawab.
2.      Tujuan Khusus
a.       Membantu para peserta didik baru untuk mengenal secara lebih dekat tentang lingkungan pendidikan di SMA Negeri Uggul Pidie Jaya.
b.      Mendorong para peserta didik baru untuk bersikap produktif dalam mengenali para guru, pegawai, dan peserta didik lainnya sebagai kakak kelas mereka di SMA Negeri Uggul Pidie Jaya.
c.       Membantu para peserta didik baru untuk beradaptasi dan menyatu dengan komponen warga sekolah lainnya di SMA Negeri Uggul Pidie Jaya, sehingga mereka akan lebih memahami akan hak dan kewajibannya sebagai warga sekolah.
d.      Mendorong para peserta didik baru untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan SMA Negeri Uggul Pidie Jaya.
e.       Memberikan motivasi kepada para peserta didik baru agar merasa bangga dan bersyukur dapat menempuh jenjang pendidikan di SMA Negeri Uggul Pidie Jaya, sehingga mereka dapat melaksanakan ketentuan tata tertib sekolah yang berlaku dengan baik, benar, dan penuh rasa tanggung jawab.
 III.            NAMA KEGIATAN
Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) SMAN Unggul Kabupaten Pidie Jaya Tahun Pelajaran 2015/2016

  IV.            JADWAL KEGIATAN
(Lampiran 1)

     V.            WAKTU dan TEMPAT
Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 27 s.d 29 Juli 2015 di SMA Negeri Uggul Pidie Jaya.

  VI.            PESERTA Peserta adalah seluruh peserta didik baru tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 71 orang.

VII.            SUSUNAN PANITIA

(Lampiran 2)
 Proposal Legkap silahkan download disini DOWNLOAD
VIII.            ANGGARAN DANA
(Lampiran 3)
IX.        PENUTUP
Demikian proposal Masa Orietasi Peserta Didik Baru SMAN Unggul Pidie Jaya Tahun Pelajaran 2015/2016 ini kami ajukan unuk dijadikan acuan dan untuk disetujui. Atas dukungan dan kerjasama Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.



Meureudu, 09 Juni 2015        
Ketua Pelaksana                                                                      Sekretaris




RIZKI ABDA                                                                        NANDA SYAFITRI

Terimakasih telah mengunjungi IDsalim.com. Kunjungan kembali kami tunggu dengan berbagai artikel menarik lainnya.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate