Propellerads

Hidupku sepuluh tahun dirantau orang

Hidupku sepuluh tahun dirantau orang
Propellerads
Perjalanan yang panjang ku jalani semenjak tamat SMP hingga sekarang. 10 tahun yang silam  tepat tanggal 19 mei 2015 saya dinyatakan LULUS dari SMPN 1 Mapat Tunggul. 
Kemudian saya melanjutkan pendidikan ke MAN Lubuk sikaping yang berjarak 90an Km dari rumah, di MAN lubuk sikaping saya diterima sebagai kelas Unggul yang tinggal di asrama dan dibiayai oleh pemda. Setahun saya menuntut ilmu di MAN, kenaikan kelas 2 yang sebelumnya jurusan IPA ditahun 2006 berubah menjadi jurusan Keagamaan. Dengan alasan itu, saya yang suka Matematika memutuskan untuk pindah ke SMA 1 Negeri Rao yang berjarak 36 Km dari rumah. Di SMA N 1 Rao ini lah saya menempuh pendidikan sampai mendapatkan ijazah SMA. 

            Semenjak sekolah di MAN saya sudah tidak tinggal bersama orang tua, di MAN saya tinggal di Asrama, di SMA N 1 Rao saya tinggal tidak bersama orang tua juga, melainkan saya sudah tinggal dikosan. Tahun 2008 Tamat SMA saya melanjutkan pendidikan ke bengkulu tepatnya di Universitas Bengkulu jurusan pendidikan fisika. Dibengkulu kehidupan mulai berbeda, hidup seorang diri tampa ada keluarga membuat diri harus belajar mandiri, cari keluarga (ayah cari, amak cari, dunsanak cari juo, induk samang cari dahulu) dibegkulu saya dapat keluarga, keluarga pak jamil/buk meli dan keluarga pak wur/subarni. Selama kuliah dibengkulu 4 tahun, 
saya pulang kampung haya sekali setahun yaitu lebaran idul fitri, lebaran idul adha selalu diratau orang. Setelah tamat kuliah saya mencari kerja dibengkulu bantu-bantu kerja bersama dosen dan di SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu. Dua tahun kerja dibengkulu, sehingga menjumlahkan 6 tahun saya dibengkulu tetap selama itu pulang kampung hanya lebaran idul fitri saja. Perjalanan hidup dibegkulu membuat saya tambah terbuka pikiran karena selama dibengkulu saya sudah bisa kelilig pulau jawa dalam kegiatan jalan jalan dan membawa siswa ikut olimpiad muhammadiyah di malang, walaupun pulau sumatera belum terjalani semuanya.
            Ditahun 2014 tepat bulan agustus saya berangkat ke aceh dalam program SM-3T, mendapat tugas selama setahun sekarang sudah berjalan hampir 10 bulan yang mengenapkan saya dirantau orang selama 10 tahun. Di umur saya yang 26 tahun ini, hampir setengah umur hidup melalang buana dirantau satu kerantau yang lain. Banyak sedih dan duka yang terjadi selama merantau, tapi dilain sisi inilah kesempatan yang besar untuk menjelajah negeri orang sebelum berumah tagga. Dengan penempatan SM-3T di aceh saya sudah bisa sampai ke titik NOL Kilommeter Indonesia yaitu Sabang,

 dengan merantau ini juga memperluas jaringan komunikasi karena banyak teman yang dikenal dari daerah lain, dengan merantau ini banyak mengenal banyak suku, bahasa, budaya yang ada di nusantara ini. Dari tahun ketahun yang biasanya puasa ramadha dirantau orang dan lebarannya bisa pulang kampung, di tahun ini ramdhan 1346 H 2015 M saya menunaikan ibadah puasa dan merayakan idul fitri di tanah rantau tanah rencog sakti ujung barat indonesia yaitu kabupaten pidie jaya provisi aceh. Mejelang ramdhan datang, tepat empat hari sebelum ramdhan saya menelpon ke kampug, dengan rasa sedih yang ditahan berusaha bercerita dengan gembira dengan keluarga sambil mengatakan mak puasa ini saya gak dikampung, lebaran ini saya juga gak dikampung insya allah akhir agustus bisa pulang nanti lebaran haji bisa lebaran dikampung, terdengar suara keluarga menjawab yang berusaha menjawab dengan gembira juga, dalam hati saya berkata ini jawaban supaya saya tidak gelisah dan berusaha membuat saya tenang aja, dipikiran juga mengatakan ini menunjukkan bahwa keluarga mendukung apa yang saya lakukan.
Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads