Propellerads

Google Cendekia

Google Cendekia
Propellerads

database yang diciptakan oleh Google sebagai sarana pengindeks data peneliti, baik profil peneliti maupun karya ilmiah yang sudah dibuatnya dan dipublikasikan secara global melalui media internet.
idsalimcom
Bagi khalayak umum yang masih awam tentu bertanya apa itu google cendekia. Google cendekia secara sederhana adalah semacam
Google cendekia bisa menjadi salah satu tolak ukur kinerja seorang peneliti. Semakin banyak karya ilmiah yang terindeks, berarti peneliti tersebut tergolong produktif.
“Adanya database seperti ini memudahkan kita melihat kinerja. Kita jadi tahu, seseorang sudah aktif berapa lama, karyanya apa saja, rekan penelitiannya siapa saja, sejarah tentang dia seperti apa,” kata pria berkaca mata itu.
Haryo menuturkan, keuntungan seorang peneliti memiliki profil di google cendekia ialah profil sivitas peneliti tersebut secara de facto akan banyak dilihat orang.
“Kita (peneliti, red) terekspos secara otomatis. Karena kelebihan google cendekia di belakangnya adalah search engine. Otomatis auto update, begitu ada karya yang masuk di jurnal global, maka akan terindeks dengan sendirinya,” terang pria yang telah memiliki 90 karya terindeks dengan 34.861 sitasi itu.
Cara membuat profil di google cendikia sendiri terbilang mudah, sambungnya. Setiap orang yang telah memiliki akun gmail maupun akun google lainnya bisa masuk dan mendaftar ke google cendekia.
Misalnya saja, Haryo menjelaskan seseorang yang belum pernah membuat profil di google scholar, ketika dia membuat pertama kali, maka setiap artikel yang bisa terindeks google scholar dengan sendirinya akan terkumpul.
“Google bisa mencari data sendiri dimana data diambil dari badan penerbit ilmiah atau jasa pengindeks publikasi internasional. Kita tidak perlu kerja keras untuk memasukkannya,” lanjutnya.
Haryo pun menyarankan agar setiap sivitas peneliti LIPI memiliki profil di google cendekia agar karyanya ter-record secara internasional. Dan, itu berarti membantu kinerja lembaga untuk menjadi lembaga penelitian berkelas dunia.
Tulisan ini saya ambil sebagain dari website Fisika@net

Terimakasih telah mengunjungi IDsalim.com. Kunjungan kembali kami tunggu dengan berbagai artikel menarik lainnya.

Propellerads
Admin
IDsalim.com adalah blog yang akan memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan, Informasi Pendidikan, Seputar PKH, Berita Nasional dan Berita Daerah, Beasiswa dan Video.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser

Propellerads