12 April 2015

Menguak Teka-teki Foto Kucing di Tangga, Naik atau Turun? dan penjelasanya

Terkadang, sebuah objek dalam foto dapat menimbulkan ilusi optik bagi yang melihatnya. Apalagi jika sudut pengambilan foto tersebut sangat tepat, seimbang, dan pas. Manakala orang memandang foto tersebut, mereka yang berpikir, akan menemukan sesuatu yang menarik dalam foto itu. Berbicara tentang ilusi foto, belum lama ini dunia maya dihebohkan dengan munculnya sebuah foto kucing yang berada di tangga. Sekilas memang tidak ada yang spesial dengan foto itu. Namun, saat diperhatikan dengan seksama, dan terlontarlah sebuah pertanyaan yang menjebak, ke arah manakah kucing dalam foto itu melangkah, naik tangga? Atau, turun tangga?
Jika diperhatikan, memang foto kucing ini bisa menjebak. Apalagi dengan warna latar belakang yang polos kosong, sehingga membingungkan apakah yang di belakang kucing itu lantai, ataukah langit-langit. Dari sinilah, kehebohan pun akhirnya muncul. Karena sebaris pertanyaan itulah, membuat foto yang semula tidak begitu spesial menjadi heboh di dunia maya.

Penjelasan kucing naik turun dari segi fotografi

 Dari segi fotografi, foto tersebut memperlihatkan bahwa gambar kucing itu diambil dari atas.
Perdebatan netizen memang tidak berhenti hanya persoalan diperdebatan tentang warna gaun. Kali ini foto yang diunggah oleh 9gag kembali menuai respon yang luar biasa dari netizen.

Yup, foto yang diposting merupakan foto kucing yang sedang berada di sebuah tangga, namun yang kemudian membuat nitizen saling beradu komentar adalah apakah kucing yang ada di foto tersebut sedang naik atau turun tangga?

Kamu juga salah satu orang yang memperdebatkan foto tersebut? Yuk simak penjelasan dari sisi fotografi yang telah dihimpun brilio.net, Jumat (10/4).

Dari segi fotografi, foto tersebut memperlihatkan bahwa gambar kucing itu diambil dari atas. Hal itu dapat dilihat dari bayangan kucing yang muncul dari cahaya lampu yang ada di bawahnya. Selain itu, apabila foto diambil dari atas, seharusnya wajah kucing akan terlihat lebih gelap, tapi di foto tersebut wajah kucingnya terlihat lebih terang.

"Dari segi pencahayaannya, foto itu jelas terlihat dari atas," jelas Rahmadika Arizal Nugraha, salah seorang anggota FOSIL (Fotografi Sipil) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Selain itu, Rahmadika juga menjelaskan dari segi perspektif gambarnya, maka objek yang melihat benda itu berada di atas sehingga melihat objek yang ada di bawahnya atau dikenal dengan istilah looking down.

Dengan demikian dapat disimpulkan kalau foto itu diambil dari atas, itu berarti kucingnya naik tangga. Gimana setuju gak?

Terimakasih telah mengunjungi IDsalim.com. Kunjungan kembali kami tunggu dengan berbagai artikel menarik lainnya.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate