09 April 2015

IKLIM ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA GURU DISEKOLAH

 
Guru merupakan ujung tombak baik tidaknya pelayanan dan mutu pendidikan disekolah. Hal ini disebabkan karena guru yang dominan mendidik dan mengajar siswa selama 6 - 7 jam dalam sehari untuk sekolah biasa, dan 14 jam untuk sekolah berasrama dalam sehari. Pelayanan yang baik dengan demikian tidak terlepas dari adanya komitmen dari guru untuk  memberikan pelayanan yang baik kepada siswa. Sikap ini akan tumbuh jika guru merasa puas bekerja bersama  sekolah tempat dia bekerja.
Menurut Robbins (1998) salah satu aspek yang sering digunakan untuk melihat kondisi suatu organisasi adalah tingkat kepuasan kerja para anggotanya. Kepuasan kerja rendah menimbulkan dampak negatif seperti mangkir kerja, pindah kerja, produktivitas rendah, dan lain-lain. Sebaliknya kepuasan kerja tinggi sangat membantu dan mempengaruhi kondisi kerja yang positif dan dinamis, sehingga memberi keuntungan nyata tidak hanya bagi sekolah tapi bagi guru itu sendiri. Kondisi seperti inilah yang diharapkan oleh setiap manajemen sekolah. Diharapkan, dengan adanya kepuasan kerja yang tinggi dari para guru, akan membawa dampak kepada hasil kerjanya, yakni berupa pemberian pelayanan pendidikan terhadap para siswa mereka yang merupakan agen of change.
Kepuasan kerja yang rendah dapat disebabkan oleh kondisi iklim organisasi tempat guru itu bekerja. Penelitian yang dilakukan oleh Graito (1991) menunjuk-kan bahwa semakin positif persepsi kar-yawan terhadap kondisi iklim organisasi maka semakin rendah ketidakpuasan kerjanya. Hasil yang menun-jukkan bahwa ada hubungan yang positif antara kepuasan kerja dengan iklim organisasi tempat guru tersebut bekerja yang berupa, kesempatan promosi, rekan kerja, pekerjaan, supervisi, administrasi, kejelasan tugas yang diberikan dengan surat perintah tugas, pembagian tugas yang adil dan merata, ketransparansi keuangan, agenda rapat yang jelas yang diplaningkan.

Terimakasih telah mengunjungi IDsalim.com. Kunjungan kembali kami tunggu dengan berbagai artikel menarik lainnya.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate