04 April 2015

Cara Membuat Rendang Paku Pasaman Barat

Kalau Anda datang ke Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumbar rugi kalau tidak mencoba kuliner yang satu ini. Masakan yang beda dengan lainnya yang ada di nusantara ini.
Ini dia, randang paku, rasanya memang luar biasa. Randang paku ini sangat mudah didapat di ibu kota Kabupaten Pasaman Barat yang bernama Simpang Empat.
Di sejumlah rumah makan juga tersedia. Makanan yang satu ini memang laris manis. Kalau Anda ingin mencoba, jangan sampai tunggu hari sore, karena bisa tidak kebagian lagi.
Nah...!!!, Anda ingin tau bagaimana cara membuat dan bahan-bahannya? Berikut penuturan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pasaman Barat, Ny. Nur Syahrul ketika berbincang dengan covesia.com.
"Cara membuat randang paku ini adalah masukkan lima ikat daun pakis, 1 kilogram lokan isinya. Dan 10 butir kelapa, kemudian diparut" kata Nur Syahrul yang akrab dipanggil Mami.
Kemudian tambahkan 1/2 kilogram cabe merah,1/4 kilogram cabe rawit, dan 1/4 kilogram lengkuas. Seterusnya ditambah 1/4 kilogram jahe, 100 gram kunyit, 1/5 kilogram bawang merah, 1/4 kilogram bawang putih. Kemudian ditambahkan daun kuyit, dan daun salam, sere, jeruk purut.
Setelah itu bahan sudah lengkap, santan dimasak sampai bermiyak, baru masuk bumbu-bumbu yang telah diharuskan. Setelah itu masukkan lokan. Kalau sudah agak menghitam baru masukkan pakisnya. Jika mau harum, silahkan tambah bumbu daging sedikit.
Lalu keringkan dengan api kecil aja. Kalau bahasa minangnya diagaikan. Nah, jadi deh... Selamat mencoba...!!!.
Sumber : Covesia.com

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate