07 April 2015

6 Bunga Dengan Bau Terburuk Di Dunia

Bunga seringkali dianalogikan dengan keharuman dan keindahan. Namun ternyata dari seluruh bunga yang terdapat di dunia, ada beberapa bunga yang bila dipandang cukup aneh, unik namun berbau tidak enak, bahkan berbau bangkai seperti bunga khas Indonesia bernama Raflesia arnoldii.
Tahukah kamu apa saja bunga-bunga terbau selain Raflesia arnoldii? Berikut adalah 6 bunga dengan bau terburuk di dunia:
#1. Titan arum (Corpse Flower) atau disebut Bunga Bangkai

Titan arum sering dijuluki bunga bangkai, yang menunjukkan sebagai bunga dengan bau terburuk di dunia. Baunya seperti bau busuk mayat. 

Penyerbuk utamanya adalah lalat berbeda dengan bunga mawar serta bunga harum lainnya dengan penyerbuk utama serangga seperti lebah. Maka tak heran saat berdekatan dengan bunga jenis ini, harus membawa masker atau bersiap muntah-muntah. 

Bunga ini juga termasuk bunga raksasa, seperti sedang membungkus lapisan bunga didalamnya yang kemudian akan mekar hingga berukuran lebar dengan perbungaan bercabang terbesar di dunia.
Satu-satunya kabar baik tentang bunga ini adalah, bunga mekar dalam waktu singkat hanya berlangsung sekitar 24 hingga 48 jam dalam 6 tahun sekali.
#2.  Eastern skunk cabbage

Bunga unik ini memiliki bau seperti bau hewan sigung, dan tumbuh secara alami di lahan basah di bagian timur Amerika Utara dengan penyerbuk utamanya adalah lalat dan stoneflies.

Bunga ini melakukan adaptasi terhadap lingkungan dengan menghasilkan panas internalnya sendiri. 

Suhu internal yang lebih tinggi tidak hanya memungkinkan bunga untuk melindungi diri dari salju yang menutupi tanah, tetapi juga dapat membantu untuk menarik penyerbuk dengan meniru panas yang dilepaskan oleh mayat segar. 

Kabar baiknya, tanaman ini juga dikenal memiliki sifat obat, dan telah digunakan untuk pengobatan asma, epilepsi, batuk dan rematik.

#3.  Raflesia arnoldii (Corpse Flower) atau dikenal Bunga Bangkai

Selain Titan Arum, Raflesia Arnoldii pun disebut sebagai bunga bangkai karena bau yang dihasilkannya sangat busuk layaknya mayat atau tumpukan sampah busuk. Saat menciumnya dari jarak dekat akan tersa menyengat dan membuat mual mual.

Raflesia Arnoldii adalah bunga individu terbesar di dunia, dengan penyerbuk utama lalat. Meskipun bunga ini menyebarkan aroma berbau busuk, namun bunga raflesia adalah bunga yang dijadikan bunga nasional di Indonesia dan termasuk dilindungi.

Jika saja bunga ini tidak berbau, maka bunga raflesia mungkin merupakan salah satu bunga terindah karena mekarnya bunga ini benar-benar lebar dan indah. Bahkan Raflesia Arnoldii dapat mekar hingga diameter mencapai 3 meter.
Jika ada yang berminat meilhat bunga  Raflesia Arnoldii di indonesia Provinsi Bengkulu Kabupaten bengkulu tengah dan kabupaten kepahyang sering tumbuh ketika musim hujan.

#4. Hydnora africana

Bunga ini berdaging, dan ditemukan di Afrika Selatan. Dikenal memiliki penampilan alat kelamin perempuan. Baunya seperti kotoran, salah satu penyebabnya adalah penyerbuk nya adalah kumbang kotoran.
Hydnora africana juga merupakan tanaman seperti bentuk jamur dan bersifat parasit yang tumbuh hampir seluruhnya di bawah tanah kecuali bagian bunga mekar nya
Hal ini membantu menjelaskan mengapa organisme ini juga terlihat seperti makhluk dari film "Tremors."  
Mungkin tidak mengherankan, penemunya menganggap bunga ini sebagai jamur sebelum analisis dilakukan, namun kemudian setelahnya mengungkapkan bahwa itu merupakan tanaman berbunga.

#5.  Carob tree

Bunga mekar dari pohon carob mungkin terlihat tidak berbahaya, tapi ini adalah salah satu pohon yang tidak akan Anda jadikan tempat berteduh dikala sedang liburan.
Bunga jantan dikenal menghasilkan bau yang cukup menyengat. Ironisnya, polong biji yang dihasilkan oleh pohon ini sangat berharga.
Kacang-kacangan yang banyak dibudidayakan dan polong biji dapat dihancurkan dan digunakan sebagai cokelat. Mengagumkan, karena dibalik aromanya yang bau menghasilkan manfaat yang besar.

#6.  Bulbophyllum phalaenopsis 

Anggrek adalah tanaman berbunga yang menjadi satu dari beberapa bunga terindah dan populer di dunia. Namun demikian jenis anggrek terbesar Bulbophyllum phalaenopsis, memiliki bau yang tidak enak. Baunya seperti tikus mati yang membusuk.

Selain itu, bunga anggrek jenis ini memiliki bulu berwarna merah muda yang terdapat di New Guinea. Baunya digunakan untuk menarik perhatian penyerbuk seperti lalat.

Jika ada bunga paling terbau, maka terdapat bunga paling harum. Jika terdapat bunga paling jelek, maka terdapat pula bunga terindah. Hal tersebut sudah menjadi kewajaran, karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Layaknya manusia tidak ada satupun yang sempurna. Karena kesempurnaan hanyalah milik sang pencipta. Namun dibalik ketidak sempurnaan terdapat hikmah dan manfaat yang terdapat pada setiap ciptaanNya.
Sumber Gomuda.com

Terimakasih telah mengunjungi IDsalim.com. Kunjungan kembali kami tunggu dengan berbagai artikel menarik lainnya.

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Index berita

close
Like Facebook IDsalim.com untuk mendapatkan INFO terupdate